Wisatalicious

Website Wisata Paling Nikmat!

Menu

Wisata Dieng, 6 Objek Wisata Terbaik, Dan Legenda Anak Rambut Gimbal

July 19, 2016 | Jawa tengah

Daerah wonosobo memang terkenal dengan wisata dieng yang menawan. Apakah sobat pernah mendengar tentang obyek wisata dieng ini? Di antara banyak objek wisata yang ada di Jawa tengah, Wisata Dieng merupakan salah satu yang jadi favorit. Tidak hanya wisatawan lokal, wisatawan asing pun banyak yang datag berkunjung dan mengambil paket tour dieng. Apa yang menjadi keistimewaan dari wisata dieng? Dan apa saja yang dapat sobat temui saat jalan-jalan ke dataran tinggi dieng ini? Simak terus ulasan dari wisatalicious.com kali ini.

Wisata Dieng, Lokasi Dieng Plateau

Dataran tinggi Dieng merupakan satu area pegunungan yang berada di wilayah jawa tengah. Letaknya di wilayah wonosobo, dari pusat kota wonosobo akan butuh waktu sekitar 30 menit berkendara ke arah utara.

Jika sobat dari Jogja sobat bisa berkendara ke arah Borobudur magelang. Dari sana sobat terus ke arah utara sekitar 3 jam. Memang perjalanan yang cukup jauh, namun sobat akan mulai merasakan kesenangannya, saat mulai masuk ke daerah dataran tinggi dieng. Melewati daerah kota wonosobo yang ramai, sobat akan segera sampai di daerah dataran tinggi dengan pemandangan indah yang menggoda.

Wisata Dieng bukan sekedar mengenai tempat wisata yang menarik yang ada di sana, namun juga pemandangan indah yang akan sobat temui sepanjang perjalanan di dataran tinggi dieng. Area persawahan di lereng-lereng bukit yang ditumbuhi tanaman kentang adalah pemandangan yang jarang sobat temui di tempat lain. Jalan yang berkelok dan menanjak akan memberikan pengalaman yang berbeda. Siapkan kamera sobat, karena sobat pasti ingin berbehnti beberapa kali di tengah perjalanan karena ingin mengabadikan keindahan yang ada.

Wisata Dieng, gardu pandang

Satu tempat yang biasanya wajib untuk berhenti adalah gardu pandang dieng yang posisinya memang tepat berada di tempat dengan pemandangan yang indah. Di sini, sudah dibangun sebuah bangunan gardu dua lantai supaya pengunjung bisa naik ke atas dan berfoto. Sobat bisa juga melepas lelah di tempat ini. Biasanya ada juga seorang bapak tua yang menjual souvenir berupa kayu yang memiliki corak yang unik.

Dari gardu pandang, sobat akan terus melanjutkan perjalanan. Memasuki kawasan wisata Dieng, sobat akan Disambut sebuah gapura yang Nampak tinggi dan gagah bertuliskan dieng plateau. Berhentilah sebentar di tempat ini, dan sobat bisa berfoto-foto di tempat ini. Sobat bisa upload foto di sini, menujukan pada teman-teman sobat bahwa sobat sudah resmi menginjakan kaki di area dataran tinggi dieng.

Wisata Dieng

Daerah gapura dieng plateau ini perjalanan sudah tidak jauh lagi, sekitar 2 km ke depan sobat sudah akan sampai ke beberapa objek wisata yang ada di dieng.

6 Objek Wisata Dieng Yang Paling Menawan

 

  1. Wisata Dieng, Candi Dieng, Candi Arjuna

Kawasan candi Arjuna atau yang juga dikenal sebagai Candi Dieng merupakan tempat pertama yang dikunjungi wisatawan. Letaknya memang paling dekat dengan pintu masuk area wisata dieng. Di tempat ini, sobat bisa melihat bangunan candi hindu yang dibangun pada abad ke 8.

Nama-nama candi di kawasan ini bernama seperti tokoh wayang. Ada candi arjuna, candi bima, candi gatot kaca, dan lain-lain.

Wisata Dieng, candi arjuna

Banyak yang membandingkan candi dieng dengan bangunan candi yang ada di India, memang seni arsitektur candi mirip dengan yang ada di India. Hal ini dapat terlihat dari arca-arca yang menghiasi sisi bangunan candi, di antaranya Mahakala, Nandi Swara, Durga Mahesasura Mardini, Ganesa, dan Agastya. Dua bangunan candi yang dapat dibandingkan adalah  Candi Arjuna yang mirip dengan Candi Bhintargaon di India serta Candi Semar yang mirip dengan Candi Parasurameswara (India) dengan bentuk Mandapa.

  1. Wisata Dieng Di Kawah Sikidang

Kawah Sikidang merupakan salah satu tempat wajib dalam paket wisata dieng. Kawah sikidang berupa sebuah kawah kecil yang menarik untuk dilihat. Saat sobat mendekat, aroma belerang akan kuat tercium.

Kawah ini memiliki mitos tentang seorang putri yang minta dibuatkan sebuah sumur sebagai syarat untuk seorang pangeran kijang supaya bisa menikahi si putri. Namun itu sebenarnya hanyalah akal-akalan si putri karena tidak mau menikahi si pangeran yang bertubuh manusia tapi berkepala hewan kijang.

Sang pangeran yang membuat sumur lalu ditimbun oleh pengawal sang putri, karena kesaktian si pangeran kijang yang berusaha keluar, sumur itu seolah terus meledak dan menjadi kawah seperti sekarang. Jadi membandingkan dengan mitos roro jonggrang di candi prambanan ya, sobat, kenapa selalu tentang putri cantik yang mintanya aneh-aneh pas mau nikah. hehehe…

Wisata Dieng, kawah sikidang

Bila sobat ke kawah sikidang, sebaiknya membawa topi atau payung, karena aera ini tandus dan kadang bisa cukup panas karena terik matahari. Bisa juga membawa masker bila sobat tak tahan bau belerang.

  1. Salah Satu Objek Wisata Dieng Yang terbaik, Telaga Warna Dieng

Telaga warna dieng merupakan salah satu objek wisata dieng yang terbaik. Telaga ini sebenarnya merupakan sebuah danau dengan kandungan belerang di dalamnya. Karena itulah airnya menjadi berwarna-warni karena pantulan cahaya matahari. Berjalan berkeliling telaga warna sambil menikmati suasana dan berfoto bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan.

Wisata Dieng, telaga warna

  1. Kawah Sileri

Kawah Sileri merupakan salah satu tempat yang sering di kunjungi oleh para pelacong di Dataran Tinggi Dieng yang menawarkan panorama alam yang sangat indah. Memang letaknya agak jauh dari obyek wisata zona 1 seperti Telaga Warna, Komplek Candi Arjuna serta Kawah Sikidang yang membuat wisata alam Dieng ini tak terlalu ramai. Namun di tempat wisata dieng yang satu ini, sobat dapat merasakan kesejukan dan kedamaian di wilayah ini tanpa terganggu oleh aktivitas wisatawan lain.

Secara geografis Kawah Sileri terletak di Desa Pakisan, Kecamatan Batur dan Kabupaten Banjarnegara dan tepatnya terletak di jalan menuju Desa Bitingan. Kawah ini terletak daerah pegunungan pagerkandang makanya pemandangan yang disajikan tampak mempesona. Kawah ini merupakan kawah terluas di Dieng yaitu luas wilayah areanya sekitar 4 hektar, sebagian permukaan dipenuhi air yang mendidih berwarna putih keabu-abuan dan mengalir ke hilir menyirami ladang-ladang di bawahnya.

Dari warna inilah kenapa disebut Kawah Sileri muncul. Nama Kawah Sileri diambil dari kata leri yaitu air cucian beras karena air Kawah Sileri berwarna putih ke abu-abu seperti air cucian beras. Kawah Sileri merupakan salah satu kawah aktif di Dieng yang sering mengalami letusan. Makanya aktivitas kawah yang satu ini dipantau setiap saat untuk mengantisipasi bencana dadakan datang. Kawah sileri tercatat pernah meletus di antaranya pada tahun 1994, 1964, 1984, 1985, 2003 dan 2009.

Tapi sobat tak perlu khawatir, kawah Sileri ini bisa dikunjungi setiap saat jika dalam status aman jadi tidak usah takut mengunjungi obyek wisata yang satu ini karena sudah ada lembaga khusus yang memantau dan sewaktu-waktu memberi kabar kepada wisatawan dan masyarakat.

  1. Bukit Sikunir Dieng

Bukit Sikunir berada pada ketinggian sekitar  2.200 m dpl, terletak di arah selatan kawasan Dieng, secara administratif berada di Desa Sembungan, sebuah desa yang berada di permukaan tertinggi di seluruh Pulau Jawa.

Wisata Dieng, bukit sikunir

Di sinilah salah satu tempat terbaik untuk melihat sunrise atau matahari terbit di pulau jawa. Asalh muasal nama bukit sikunir pun berhubungan dengan hal tersebut. Warna oranye saat matahari terbit di langit timur dianggap mirip dengan warna buah kunir. Karena itulah orang menamakan bukit ini bukit sikunir.

  1. Sumur Jalatunda

Objek wisata dieng yang satu ini terletak di arah paling barat kawasan wisata Dieng, tepatnya terletak di Desa Wisata Pekasiran. Sumur Jalatunda memiliki beberapa versi cerita asal muasal sumur. Menurut asumsi ilmiah, sumur dengan air berwarna hijau pekat berdiameter sekitar 90 meter ini adalah sebuah kepundan yang terbentuk akibat letusan gunung api jutaan tahun lalu.

Sementara, ada mitos yang menyebutkan bahwa dahulu kala ada seorang putri cantik jelita yang gemar mengenakan pakaian serba putih, namun berperangai jahat. Putri cantik ini sering meminta tumbal kepada masyarakat sekitar untuk dikorbankan dan ditenggelamkan di sumur ini. Percaya ga percaya sih sob..

Untuk dapat sampai di sumur ini, sobat akan harus meniti 257 anak tangga. Saat sampai di anak tangga terakhir, sobat licious akan melihat tumpukan batu kerikil yang terhampar beralaskan karung beras. Menurut keyakinan masyarakat lokal, mereka yang mampu melempar batu kerikil ke sumur sejauh jarak tertentu akan mendapatkan keberuntungan dan terkabul niat serta keinginannya. Inilah sebab batu kerikil di tempat ini menambah keunikan dan menjadi daya tarik bagi para wisatawan untuk mengunjunginya. Semacam sumur keberuntunganlah.

Tetapi salah satu syaratnya adalah batu yang digunakan untuk melempar keberuntungan adalah batu yang harus dibeli dari anak-anak Dieng di lokasi sumur ini, yaitu batu kerikil beralas karung ala kadarnya di ujung anak tangga. Sobat perlu mengeluarkan biaya Rp 500 untuk batu kerikil itu. Sudah jauh-jauh ke Dieng, taka da salahnya nambah 500 perak bukan.

Mitos Dan Legenda Di Objek Wisata Dieng Dan Legenda Anak Rambut Gimbal

Nama Dieng berasal dari bahasa Sansekerta, yaitu  “Di” yang artinya tempat yang tinggi dan “Hyang” yang artinya tempat tinggal para dewa dewi. Dataran tinggi Dieng memang terhampar di ketinggian 2.093 m dpl, membuatnya memiliki udara yang begitu sejuk dengan selimut kabut tebal yang menutupinya. Memang dalam sejarahnya, zaman dahulu tempat yang tinggi seringkali dianggap sebagai tempat tinggalnya para dewa dan dewi. Suhu rata-rata di tempat ini adalah 15 – 20 celcius. Panorama indah yang menakjubkan inilah yang membuat Dataran Tinggi Dieng diyakini sebagian kalangan sebagai tempat persemayaman dewa dewi.

Berbicara tentang wisata dieng dan juga legenda yang ada di tempat ini tak bisa terlepas dari cerita tentang anak rambut gimbal. Memang ada keunikan tersendiri di kawasan ini, beberapa anak yang lahir di tempat ini memiliki rambut gimbal. Dan bukan sembarang rambut gimbal. Rambut ini tidak boleh dipotong sembarangan, atau si anak akan jatuh sakit.

Mitos ini terkait dengan Sosok Kiayi Kolodite. Kiai Kolodete datang ke Dieng sekira tahun 1628 M. Ia adalah seorang raja besar di Jawa Timur. Lalu pada peristiwa runtuhnya Majapahit, banyak yang melarikan diri ke Bali, sementara Kiai Kolodete bersama Kiai Karim dan Kiai Walik lari ke Pegunungan Dieng dimana pada saat itu Pegunungan Dieng masih berupa hutan belantara.

Singkat cerita Kiayi Kolodite membangun dieng, dan bersumpah ia tidak akan memotong rambutnya yang gimbal hingga wiayah dieng makmur. Sebagai catatan beliau memiliki rambut yang gimbal.

Bagi warga Dieng, anak berambut gimbal dipercaya merupakan titisan dari kiayi Kolodite. Rambut gimbal tersebut tidak boleh dipotong sebelum si anak meminta sendiri agar rambutnya dipotong. Selain itu, si anak boleh meminta apapun saat rambutnya dipotong. Sampai ada cerita ada anak berambut gembel yang meminta pertunjukan barongsai sebagai syarat potong rambut, dan belum juga dipotong karena sang orang tua cukup kesulitan memenuhi keinginan si anak.

Bagaimanapun bagi masyarakat dieng anak rambut gimbal memiliki tempat tersendiri dalam kebudayaan mereka. Setahun sekali akan diadakan upacara potong rambut gimbal masal di area candi Arjuna. Jika sobat berwisata ke dieng saat upacara ini berlangsung, suasana dipastikan akan sangat ramai.

Wisata Dieng, Legenda Anak Rambut Gimbal

Bertamasya Di Dieng

Bertamasya ke areal wisata dieng memang sangat menarik. Udara yang sejuk, budaya dan legenda yang kental, serta keindahan alam yang memukau. Sobat bisa juga menginap di sini, karena ada banyak penginapan di dieng untuk akomodasi sobat. Dari penginapan tersebut, sobat bisa berangkat pagi-pagi untuk menikmati matahari terbit di bukit sikunir.

Indonesia memang memiliki banyak tempat indah, di pulau jawa, selain wisata dieng, sobat bisa juga berwisata ke tawangmangu di jawa tengah. Apapun pilihan tempat wisata sobat, terus baca wisatalicious.com. jadi, apakah sobat berencana mengambil paket tour wisata dieng?

Facebook Comments
tags:

Related For Wisata Dieng, 6 Objek Wisata Terbaik, Dan Legenda Anak Rambut Gimbal

Page

Page

Page