Wisatalicious

Website Wisata Paling Nikmat!

Menu

Wisata Candi Prambanan Yogyakarta, Candi Hindu Terbesar dan Legenda Roro Joggrang

July 20, 2016 | Jogja

Berwisata ke candi Prambanan merupakan salah satu hal yang wajib dilakukan saat sobat berkunjung ke Yogyakarta. Sehabis dari keraton Yogyakarta, sobat bisa menikmati wisata Candi Prambanan Yogyakarta yang sudah tersohor bahkan sampai ke manca Negara. Wisata Candi prambanan Yogyakarta menyimpan beragam cerita mengenai Candi Hindu Terbesar di Indonesia, juga mengenai legenda si gadis cantik Roro Jonggrang yang dikutuk menjadi patung batu.

Prambanan memang disebut sebagai salah satu candi hindu terindah di dunia. Untuk bisa menikmati keindahan Candi ini sobat bisa langsung dating ke Yogyakarta. Letak dan lokasi candi yang juga sering disebut sebagai Candi SIwa ini sangat strategis. Letaknya tepat di sebelah utara Jalan Raya Jogja-Solo yang merupakan jalan utama di kota Jogja. Jadi akan mudah untuk sampai ke candi ini dengan bermacam transportasi.

Tiket Candi Prambanan memang terus mengalami kenaikan dari tahun ke tahun. Saat ini tiket masuk ke candi prambanan sekitar 30 ribu rupiah. Bisa dibilang murah, namun bisa juga dianggap mahal. Jadi, bila sobat akan berlibur ke candi Prambanan baiknya persiapkan segala sesuatunya dengan baik agar biaya yang sudah dikeluarkan terbayar dengan pengalaman yang tidak terlupakan.

Kenapa Harus Berwisata Ke Candi Prambanan?

Berwisata Ke Candi Prambanan

Memang sudah menjadi hal yang hampir pasti bahwa saat orang berbicara tentang candi hindu di Indonesia, orang akan membicarakan tentang candi Prambanan. Berkunjung ke Jogja tentu juga belum akan lengkap bila sobat belum dating dan berfoto dengan candi ini sebagai background nya. Kalau sobat berkata kepada teman habis berlibur ke jogja pasti sobat akan ditanya apakan sobat mengunjungi Candi prambanan.

Singkat kata, Candi prambanan memang satu objek wisata di jogja yang harus di kunjungi. Lebih Dari Keindahan komplek candinya, candi ini juga memiliki sejarah dan legenda yan luar biasa. Sobat mungkin juga ingin tahu legenda dan asal usul dari tanah lot di Bali?

Legenda Candi Prambanan Dan Roro Jonggrang

Tentu bagi orang Indonesia sobat sudah familiar dengan cerita legenda Roro Jonggrang. Cerita tentang gadis cantik seorang putri raja kerajaan Boko yang Diserang, dan ayahnya sanga raja Boko dibunuh oleh pangeran dari kerajaan lain bernama Bandung Bondowoso. Bandung Bondowoso lalu ingin menikahi Roro Jonggrang yang meminta syarat dibuatkan 1000 candi dalam satu malam.

Bandung Bondowoso yang sakti dibantu pasukan jin hamper berhasil melakukannya namun si gadis cantik roro jonggrang berbuat curang sehingga Bandung gagal. Ia pun marah dan mengutuk Roro jonggrang yang cantik menjadi batu.

Itu hanya sebuah legenda sobat. Dan bila dilihat dari segi bukti sejarah, itu hanyalah sebuah cerita yang dibuat oleh manusia. Mungkin terinspirasi oleh patung wanita yang ada di dalam ruangan di candi Siwa.

Dari segi sejarah sendiri Candi Prambanan dibangun di abad 9 pada masa pemerintahan Rakai Pikatan dari kerajaan Mataram lama. Candi ini dibangun untuk menghormati dewa tertinggi agama Hindu terutama Dewa Siwa, karenanya sering juga disebut Siwa Graha.

Candi Prambanan memiliki 3 candi utama di halaman utama, yaitu Candi Wisnu, Brahma, dan Siwa. Ketiga candi tersebut adalah lambang Trimurti dalam kepercayaan Hindu. Ketiga candi itu menghadap ke timur. Setiap candi utama memiliki satu candi pendamping yang menghadap ke barat, yaitu Nandini untuk Siwa, Angsa untuk Brahma, dan Garuda untuk Wisnu. Selain itu, masih terdapat 2 candi apit, 4 candi kelir, dan 4 candi sudut. Sementara, halaman kedua memiliki 224 candi.

Pada candi Siwa yang terletak di tengah dan yang paling tinggi, sobat akan menemui 4 buah ruangan. Satu ruangan utama berisi arca Siwa, sementara 3 ruangan yang lain masing-masing berisi arca Durga (istri Siwa), Agastya (guru Siwa), dan Ganesha (putra Siwa). Arca Durga itulah yang disebut-sebut sebagai arca Roro Jonggrang dalam legenda yang telah diceritakan di atas.

Berwisata Ke Candi Prambanan- Patung Roro Jonggrang

Di Candi Wisnu yang terletak di sebelah utara candi Siwa, anda hanya akan menjumpai satu ruangan yang berisi arca Wisnu. Demikian juga Candi Brahma yang terletak di sebelah selatan Candi Siwa, anda juga hanya akan menemukan satu ruangan berisi arca Brahma.

Satu patung lembu juga sobat bisa temui  bila masuk ke dalam ruangan di Candi Nandi yang terletak di depan Candi SIwa. Nandi adalah hewan suci, karenanya orang Hindu tidak memakan daging sapi.

Relief Candi Prambanan

Candi Prambanan Yogyakarta juga identik dengan cerita rama yana. Itu dikarenakan relief Rama Yana yang ada pada dinding-dinding Candi.

Berwisata Ke Candi Prambanan Yogyakarta

Bertamasya Ke Candi Prambanan

Saat sobat berkunjung ke candi ini sebaiknya sobat membawa paying. Berada di area candi akan cukup panas. Sobat juga harus siap berjalan kaki untuk mengelilingi area komplek candi yang luas. Sobat bisa juga menyewa sepeda atau naik kereta. Satu hal yang mungkin menarik untuk dilakukan adalah membawa bekal dan memakannya bersama keluarga di bawah pepohonan di sekitar area candi. Tentu hal itu akan menjadi kenangan yang tak terlupakan.

Siapkan rencana sobat untuk berkunjung ke jogja. Kunjungi Taman sari Yogyakarta, dan tentunya Candi Prambanan.

Facebook Comments

Related For Wisata Candi Prambanan Yogyakarta, Candi Hindu Terbesar dan Legenda Roro Joggrang

Page

Page

Page