Wisatalicious

Website Wisata Paling Nikmat!

Menu

Tugu Jogja, Menikmati Malam Di Ikon Kota Jogja

July 29, 2016 | Jogja

Tugu jogja sudah berdiri sejak sangat lama. Tugu jogja dibangun sebagai simbol semangat rakyat jogja. Tugu jogja hingga kini masih berdiri kokoh memberikan kesan mendalam bagi siapapun yang menyempatkan diri singgah ke jogja. Diantara hiruk-pikuk kendaraan melewati tugu ini, setiap harinya banyak orang yang akan datang berkunjung ke tugu ini. Berfoto di tugu jogja menjadi satu kenangan nikmat saat sobat berkunjung ke kota jogja.

Satu Penggal Malam Di Tugu Jogja

Tugu jogja tidak pernah sepi pengunjung. Maklum saja. Disamping gratis, berfoto selfie di area tugu jogja juga menjadi hal yang bisa dipamerkan di media social. Singkat kata belum sah ke jogja lo belum foto ma tugu jogja. Kalau sobat ingin menikmati waktu di tugu jogja, sore dan malam hari bisa menjadi pilihan, soalnya tidak panas.

Tugu Jogja, Menikmati Malam Di Ikon Kota Jogja

 

Monumen ini berada tepat di tengah perempatan Jalan Pangeran Mangkubumi, Jalan Jendral Soedirman, Jalan A.M Sangaji dan Jalan Diponegoro.  Saat sobat ingin menikmati malam di tugu jogja ini, sobat bisa memarkirkan kendaraan di jalan mangkubumi. Di sebelah selatan tugu jogja. Setiap harinya pasti rame kendaraan parkir di sana. Tak jarang juga sobat bisa ketemu turis asing di sini.

Di sebelah selatan tugu di pojokan kiri jalan juga terdapat sebuah taman, sempatkan mampir kesitu sob. Tempatnya nyaman untuk duduk-duduk nongkrong bareng teman sambil memandang tugu jogja. Di situ juga ada sebuah maket yang menunjukan hubungan tugu jogja dan keraton Yogyakarta.

Tugu Jogja Dan Keraton Jogjakarta

Tugu Jogja Dan Keraton Jogjakarta

Berbicara tugu jogja tentunya tidak akan terpisah dengan keraton Jogjakarta sebagi pusat kerajaan di jamannya. Dari maket yang ada di taman dijelaskan hubungan antara tugu jogja, jalan malioboro, panggung krapyak, pantai selatan, dan gunung merapi.

Kesemuanya berada dalam satu kesatuan garis lurus. Menyimbolkan satu hal yang dalam bahasa jawa disebut manungaling kawulo gusti, yang memiliki makna persatuan antara seluruh rakyat dengan raja serta alam semesta juga Tuhan YME.

Jadi, berkunjung ke tugu jogja bukan sekedar soal foto saja. Ada juga makna mendalam yang bisa sobat dapatkan.

Sejarah Tugu Jogja

Tugu Jogja sudah berusia hampir 3 abad dan telah menjadi saksi sejarah kota Yogyakarta. Tugu Jogja didirikan setahun setelah Kraton Yogyakarta berdiri. Awalnya bentuk tugu tidak bertubuh persegi dan puncaknya runcung seperti sekarang, namun Silinder dan puncaknya bulat. Bentuk persegi dan silinder dan bulat tersebut menyiratkan semangat persatuan melawan penjajah Belanda. Bentuk itu juga yang membuat tugu jogja juga disebut Tugu Golong-Gilig, gilig berarti silinder dan golong berarti bulat.

Gempa mengguncang Yogyakarta tanggal 10 Juni 1867, membuat bangunan tugu runtuh. Tugu pun mulai berubah bentuknya.

Satu Penggal Malam Di Tugu Jogja

Tugu Jogja, De Witt Paal Atau Tugu Pal Putih

Pada tahun 1889, pemerintah Belanda benar-benar merenovasi bangunan tugu. Tugu dirubah menjadi bentuk persegi dengan tiap sisi dihiasi semacam prasasti yang menunjukkan siapa saja yang terlibat dalam proses renovasi. Bagian puncak tugu tak lagi bulat, tetapi berbentuk kerucut yang runcing. Ketinggian bangunan juga menjadi lebih rendah, hanya setinggi 15 meter atau 10 meter lebih rendah dari bangunan semula. Sejak saat itu, tugu ini disebut juga sebagai De Witt Paal atau Tugu Pal Putih. Bentuk inilah yang ada hingga sekarang.

Ada alasan kenapa Belanda merenovasi tugu jogja kala itu. Karena dianggap sebagai simbol perlawanan pada belanda, mereka berharap perlawanan akan surut dengan merubah tugu jogja. Namun hal tersebut tidak berhasil.

Tips Berkunjung Ke Tugu jogja

  1. Berkunjung Ke Tugu Jogja Gratis, jadi siapin saja kendaraan sobat, serta uang buat parkir.
  2. Sore atau malam bisa menjadi waktu yang tepat untuk berkunjung karena tidak panas. Kalau ingin foto tugu jogja pas sepi datang pagi hari.
  3. Hati-hati saat berfoto. Tugu jogja terletak di tengah perempatan. Ramai banget motor dan mobil yang lewat. Namun tempatnya luas kok. Asal sobat tidak asal jalan tempat ini aman.
  4. Tugu jogja bukan sembarang bangunan, namun menjadi simbol kebanggaan masyarakat Jogja. jadi , hormati hal tersebut, jaga kebersihan, kesopanan dan keamanan.

Tugu Jogja, Menikmati Malam Di Ikon Kota Jogja Tugu Jogja, Menikmati kopi jos

Menikmati Angkringan Dan Kopi Jos Di Tugu Jogja

Satu hal lagi yang membuat suasana lebih istimewa saat menikmati waktu di tugu jogja ini adalah dengan menyeruput kopi jos untuk melawan uadara malam. Coba juga bermacam makanan khas angkringan yang menjadi ikon kuliner jogja. Hemmmm…. Nikmat.

Berkunjunglah ke jogja sob. Beli oleh-oleh di malioboro dan tentunya sobat harus menikmati malam di tugu jogja.

Facebook Comments

Related For Tugu Jogja, Menikmati Malam Di Ikon Kota Jogja

Page

Page

Page