Wisatalicious

Website Wisata Paling Nikmat!

Menu

Telaga Sarangan Magetan, Keindahan Di Kaki Gunung Lawu

July 25, 2016 | Jawa Timur

Pernah mendengar tempat wisata bernama telaga sarangan di Magetan Jawa Timur sobat? Telaga sarangan merupakan satu objek wisata andalan kabupaten magetan jawa timur yang berupa danau dan terletak di sebelah timur kaki gunung Lawu. Dari area Candi Prambanan Jogja sobat lurus ke timur ke arah Tawangmangu. Apa yang menjadi daya Tarik dari objek wisata telaga sarangan? Dan seperti biasa, setiap tempat di Indonesia pasti memiliki mitos dan legenda tersendiri. Lalu apa mitos dari telaga sarangan yang menarik untuk diketahui?

Letak Telaga Sarangan

Ada 2 jalan yang bisa sobat tempuh untuk ke tempat wisata telaga magetan. Dari timur, yaitu dari arah kota magetan, dan dari barat yaitu dari Tawangmangu, Karang Anyar, Jawa Tengah. Keduanya menyajikan nuansa tersendiri sepanjang perjalanan karena memang telaga sarangan terletak di kaki gunung Lawu, sehingga jalan berkelok dan udara terasa sejuk dengan banyak pepohonan.

cemoro sewu sarangan

Secara administratif telaga Sarangan ini berlokasi di Kabupaten Magetan, Provinsi Jawa Timur. Jika anda berangkat dari kota Magetan maka anda harus menempuh perjalanan kurang lebih 16 kilometer.

Dari arah tawangmangu, telaga sarangan berjarak sekitar 6 kilometer melewati daerah cemoro sewu.

Saat sobat berencana berkunjung ke objek wisata sarangan ini pastikan kendaraan sobat berada dalam keadaan terbaik. Jalan yang kadang menanjak dan berliku, membuat beberapa kendaraan mengalami masalah mesin.

Namun asalkan kendaraan sudah siap, dan fisik juga sehat, sepanjang perjalanan kea rah telaga sarangan akan menjadi pengalaman yang menyenangkan.

Sampai diarea telaga, sobat akan disambut telaga luas dengan beberapa perahu yang siap mengajak sobat mengelilingi telaga.

telaga sarangan

Soal penginapan atau hotel sobat juga tidak perlu khawatir. Ada banyak vila, hotel, dan penginapan di telaga sarangan, tinggal sesuaikan dengan buget sobat.

Mitos Dan Legenda Telaga Sarangan

Wilayah telaga sarangan yang dingin dan berkabut memang membuat nuanasa misteri tersendiri bagi setiap orang yang mengunjunginya. Apalagi letaknya yang ada di kaki gunung Lawu yang masih terasa asri. Dan tentunya ada mitos yang dipercaya sebagai asal muasal terbentuknya telaga sarangan di magetan ini. Memang setiap tempat memiliki legendanya, ada juga legenda ular suci di Tanah Lot Bali.

Singkat cerita ada sepasang suami istri bernama kyai Pasir dan Nyai Pasir hidup di kaki gunung lawu. Suatu hari Kyai pasir menemukan sebuah telur di ladangnya. Ia membawa pulang, dan keesokan harinya sang istri merebus telur tersebut. Telur dibagi dua. Satu dibawa kiayi pasir ke ladang untuk dimakan nanti, dan satu untuk dimakan Nyai pasir di rumah. Saat masing-masing memakan setengah dari telur tersebut, keduanya mulai merasakan hal aneh. Diwali dengan badan yang terasa sakit dan gatal, Nyai Pasir menyusul sang suami ke ladang untuk melihat keadannya dan menemukan sang suami telah berubah menjadi naga. Tak lama ia juga ikut berubah menjadi naga. Keudanya berguling-guling di ladang karena rasa gatal dan sakit. Gerakan itu menyebabkan terciptanya cerukan besar di ladang mereka. Cerukan semakin dalam hingga air mulai muncul, dan pada akhirnya terciptalah sebuah telaga.

Karena cerita di ataslah telaga sarangan disebut juga telaga Pasir. Sejak itu, setahun sekali, tepatnya pada hari Jumat Pon bulan Ruwah, di telaga ini diadakan acara Larung Tumpeng/ larung sesaji. Upacara ini dimaksudkan sebagai bentuk ungkapan syukur masyarakat setempat. Dalam upacara ritual ini, warga melarung sesaji ke tengah-tengah telaga.

naik perahu di telaga sarangan

Naik Perahu Keliling Telaga Sarangan

Telaga Sarangan ini memiliki kedalaman 28 meter dengan luas sekitar 30 hektar. Suasan yang sejuk tentu akan sangat cocok menjadi tempat rekreasi melepas penat bagi seluruh anggota keluarga. Terdapat fasilitas untuk berkeliling di sekitar telaga dengan menaiki perahu air, speed boat, dan becak air.

Setelah sobat lelah berkeliling naik perahu sobat akan cukup lapar untuk segera menyantap sate kelinci khas kaki gunug Lawu. Kalau sobat vegetarian, sobat bisa memilih makan pecel yang juga tak kalah terkenal.

sate kelinci telaga sarangan sate kelinci telaga sarangan

Makan Sate Kelinci Di Pinggir Telaga Sarangan

Ada banyak hal yang bisa sobat dapatkan bila sobat dating ke telaga sarangan. Mulai dari udara sejuk dan suasana khas pegunungan yang asri. Perjalanan yang mengasikan di sepanjang aspal di kaki gunung lawu. Dan saat sampai di sana, sobat bisa naik perahu, dan makan sate kelinci di tengah udara yang sejuk. Terus baca wisatalicious.com dan siapkan rencana untuk sobat dan teman atau keluarga untuk berwisata ke telaga Sarangan Magetan Jawa Timur.

Facebook Comments

Related For Telaga Sarangan Magetan, Keindahan Di Kaki Gunung Lawu

Page

Page

Page