Wisatalicious

Website Wisata Paling Nikmat!

Menu

Tawangmangu, Kera Dan Air Terjun Gerojokan Sewu Di Kaki Gunung Lawu

July 28, 2016 | Jawa tengah

Salah satu lokasi wisata yang ada di kaki Gunung Lawu adalah Tawangmangu yang terkenal dengan gerojogan sewunya. Sobat tentunya pernah mendengar tentang nama tawangmangu. Letaknya tak jauh dari telaga sarangan di magetan jawa timur. Saat sobat membayangkan tempat bernam tawangmangu ini apa yang akan terbayang? Pertama tentunya sejuknya udara di pegunungan. Dan satu yang juga menjadi ciri khas dari tempat ini adalah kera-kera yang kadangkala menggangu wisatawan yang datang bertamasya. Kali ini, wisatalicious.com akan membahas tentang keindahan dan pengalaman seru bila sobat bertamasya ke tawangmangu.

Letak Dan Lokasi Tawangmangu

Letak tawangmangu tepat berada di sebelah barat kaki gunung lawu. Letaknya berada di Karanganyar, timur kota Solo. Jika sobat berangkat dari Solo akan menempuh jarak sekitar 45km. Akses jalannya terbilang mudah. Jalan yang mulus akan mengantar sobat melintasi kota solo sebelum kemudian masuk ke daerah Karanganyar. Sepanjang perjalanan sobat akan bisa menemui berbagai pemandangan persawahan dan alam yang cukup menarik. Mendekati kaeasan wisata tawangmangu sobat akan mulai merasakan hawa dingin ala pegunungan yang akan membuat sobat merasa segar.

air terjun gerojogan sewu tawangmangu

Di sekitar Tawangmangu ini banyak terdapat hotel dan penginapan yang bisa sobat jadikan tempat menginap. Tarifnya pun beragam mulai dari yang murah sampai yang cukup mahal. Ada baiknya bila sobat berkunjung ke tawangmangu memang menginap, karena suasana yang berbeda dengan perkotaan di tempat ini akan bisa menyegarkan pikiran sobat. sobat bisa menghabiskan beberapa hari di jogja, dan mengunjungi candi prambanan, lalu menuju ke timur arah karanganyar, dan menginap di sini.

Sejarah Tawangmangu

Tempat wisata tawangmangu merupakan satu area yang sudah sejak zaman colonial Belanda menjadi tempat untuk berwisata. Ya, pada zaman dulu tawangmangu merupakan salah satu tujuan pelesir para noni dan orang belanda terutama dari Solo dan Yogyakarta. Memang tidak salah bila sejak zaman kakek-nenek kita tempat ini menjadi area wisata. Ada perasaan yang khas yang menyegarkan bila sobat berkunjung dan menikmati waktu sanatai di daerah ini. Mungkin karena hawa dinginnya, yang seolah melepaskan diri kita dari kesibukan sehari-hari yang panas. Atau juga karena keindahan alam serta keasrian wilayah sekitar yang mampu menyentuh hati wisatawan yang datang berkunjung.

Air Terjun Gerojogan Sewu tawangmangu

Satu tempat yang menjadi primadona di Twangmangu adalah air terjun gerojogan sewu. Ini merupakan satu tempat yang wajib sobat datangi saat sobat datang ke daerah wisata ini. Sobat memang harus membayar tiket untuk masuk ke air terjun gerojogan sewu ini, namun sobat tidak akan kecewa setelah melihat keindahan air terjun tertinggi di pulau Jawa ini.

Satu hal yang bisa menjadi pengalaman menarik bila sobat datang ke tawangmangu adalah mencoba menaiki kuda yang akan mengantarkan sobat hingga ke dekat air terjun. Memang letak air terjun gerojogan sewu cukup jauh dari pintu masuknya.

tangga di gerojogan Sewu Tawangmangu

Namun sobat bisa juga berjalan kaki menyusuri tangga berliku turun kea rah air terjun. Sobat pasti akan merasa lelah, namun itulah yang disebut dengan berwisata dan bertualang. Saat Sobat sampai ke bawah dan sampai di di dekat air terjun, sobat akan mulai mendengar suara air yang menhantam tanah, menciptakan suara gemericik yang keras. Semakin mendekat sobat akan dapat melihat air terjun setinggi 81 meter.

Semakin mendekat sobat akan bisa merasakan udara yang tercampur air sehingga terasa lembab. Siapkan kamera sobat untuk berfoto di gerojogan sewu.

gerojogan sewu tawangmangu

Kera usil Di Gerojogan Sewu Tawangmangu

Satu hal yang juga menarik saat sobat berada di kawasan wisata gerojogan sewu adalah keberadaan banyak kera yang kadang suka usil. Ada-ada saja tingkah mereka. Mulai dari mengencingi mobil yang sedang diparkir, hingga mencoba merebut barang bawaan wisatawan. Jadi, bila sobat datang ke Tawangmangu, terutama di gerojogan sewu, begitu keluar dari mobil, sobat sudah harus menjaga barang bawaan sobat dengan baik. Pegang erat-erat.

kera di gerojogan Sewu Tawangmangu

Menikmati Sate kelinci Di Tawangmangu

Di area wisata gerojogan sewu, selain ada air terjun tinggi, sobat bisa juga menikmati wahana flying fox. Ada juga kolam renang bila sobat ingin berenang. Puas bermain di sekitar air terjun dan perut terasa lapar, sobat bisa mencicipi makanan yang banyak dijual di sana. Wisatalicious sarankan mencoba sate kelinci. Makanan ini seolah menjadi satu makanan khas yang harus dicoba dan dinikmati bila sobat sedang berada di sekitar gunung lawu.

Pengalaman wisata Di Tawangmangu

Bertamasaya di tawangmangu tentu menyenangkan. Dari sana sobat bisa ke arah timur dan melanjutkan wisata ke telaga Sarangan. letaknya ada di sebelah timur Tawangmangu. Sobat ingin berwisata minggu ini? Cobalah untuk mengunjungi air terjun gerojogan sewu tawangmangu.

Facebook Comments

Related For Tawangmangu, Kera Dan Air Terjun Gerojokan Sewu Di Kaki Gunung Lawu

Page

Page

Page