Wisatalicious

Website Wisata Paling Nikmat!

Menu

Tangkuban Perahu, Telur Rebus Kawah Domas dan Kawah Ratu

December 19, 2016 | Jawa Barat

Tangkuban perahu, sebuah nama yang indah dan puitis dan juga mengandung keindahan dan legenda tersendiri dari Bandung Jawa Barat. Sobat sudah pernah berwisata ke kawasan tangkuban perahu ini? Menikmati keindahan kawah ratu, atau juga merasakan telur rebus di kawah domas? Sobat bisa berbagi cerita dengan memberi komentar mengenai istimewanya kawah tangkuban perahu Bandung.

Tangkupan perahu adalah sebuah tempat wisata andalan di Bandung Jawa Barat. Ada banyak cerita dan pengalaman yang ditawarakan di antara kawah-kawah yang ada di objek wisata tangkuban perahu ini. Oke sob, wisatalicious akan membahas tetang tangkuban perahu.

Legenda Tangkuban Perahu dan Asal nama Tangkuban Perahu

Lokasi Tangkuban Perahu

Gunung tangkuban perahu merupakan taman wisata alam (TWA) dengan luas sekitar 370 ha. Secara administratif, gunung ini berada di dua wilayah administrasi pemerintahan, yakni Kabupaten Bandung dan Kabupaten Subang. Puncaknya yang berada pada ketinggian 2.076 meter di atas permukaan laut.

Kawasan Gunung Tangkuban Perahu dapat dicapai dari kota Bandung menuju arah Utara melewati terminal bus/ angkot Ledeng, Kota Lembang dan kemudian menuju pintu gerbang atau loket masuk. Jalur lain melalui Kota Subang melalui tempat rekreasi dan perkebunan teh Ciater.

Sebagai sebuah destinasi wisata andalan, menuju ke tempat ini tdaklah susah, baik dengan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum. Yang penting niat sob. Yang bikin pegel kaki adalah saat sudah sampai di lokasi dan menuju kawah. Sobat harus siap jalan kaki.

Kawah Ratu Di Gunung Tangkuban Perahu

Legenda Tangkuban Perahu dan Asal Nama Tangkuban Perahu

Buat yang tidak tinggal di Bandung Jawa Barat, meskipun belum pernah datang ke tangkuban perahu namun setidaknya pernah mendengar dongeng tentang sangkuriang, dayang sumbi, dan kawah ratu yang ada di sekitar kawasan wisata ini.

Kisah sangkuriang dan Dayang sumbi berisikan tentang cinta terlarang ibu dan anaknya. Sang anak yang merantau tak mengenal ibunya saat bertemu kembali, dan saling jatuh cinta. Namun Dayang sumbi akhirnya menyadari sangkuriang adalah anaknya saat melihat ada bekas luka.

Dayang Sumbi mencoba menjelaskan kepada sangkuriang, namun cinta itu buta sob. Sangkuriang sudah terlanjur mabuk kepayang, dan ngebet ingin menikahinya. Dan akhirnya seperti cerita di Candi Prambanan Jogjakarta tentang roro Jonggrang. Dayang Sumbi pun minta dibuatkan danau plus perahu dalam satu malam.

Bisa ditebak, dengan bantuan jin, sangkuriang hampir berhasil sebelum akhirnya dayang sumbi berdoa agar pagi dicepatkan. Jadi ingat lagu lamanya NOAH/Peterpan, menunggu pagi, terinspirasi dari cerita ini kali ya. Mentang-mentang orang Bandung.

Singkat cerita, pernikahan gagal, Dayang sumbi menjelma menjadi Bunga yang cantik, dan Sangkuriang terus berusaha mencari dayang sumbi.

Keindahan Kawah Ratu Di Gunung Tangkuban Perahu

Sampai di area wisata tangkuban perahu sobat akan mulai bisa menikmati keindahan dan suasana khas pegunungan. cuaca yang cukup dingin dibanding daerah perkotaan menjadi penyambut sobat. Ada beberapa kawah di kawasan wisata tangkuban perahu ini, namun yang terbesar adalah kawah ratu. Satu kawah lain yang cukup sering dikunjungi adalah kawah domas. Lengkapnya jumlah seluruh kawah aktif Tangkuban Perahu ada 9 buah, yaitu Kawah Ratu, Kawah Upas, Kawah Domas, Kawah Ecoma, Kawah Jurig, Kawah Siluman, Kawah Baru, Kawah Lanang, Kawah Jarian, dan kawah Pangguyangan Badak. Kawah Ratu adalah yang terbesar, dikuti Kawah Upas yang letaknya bersebelahan dengan Kawah Ratu.

Kawah ratu di tangkuban perahu menyajikan sebuah pengalaman luar biasa. letak kawah tidak jauh dari parkiran. turun dari kendaraan, sobat bisa segera berjalan berkeliling bibir kawah. sebuah keinddahan yang nikmat dipandang dan diresapi seolah tersaji dalam sebuah mangkuk raksasa ciptaan sang ilahi.

Aroma khas belerang akan menjadi salah satu memori yang sobat kenang saat bercerita tentang kawah ratu ini. sebagai yang paling besar dan aksesnya paling mudah, tak salah jika kawah ratu ini menjadi primadona di kawasan wisata tangkuban perahu. warung-warung juga banyak di sekitar bibir kawah, jadi tidak usah takut lapar atau haus.

Siapkan saja kamera sobat untuk bisa mengabadikan keindahan kawah ratu ini.

Menikmati Telur Rebus Kawah Domas Di Gunung Tangkuban Perahu

Menikmati Telur Rebus Kawah Domas Di Gunung Tangkuban Perahu

Satu kawah lain yang juga sering menjadi tujuan wisata impian di kawasan ini adalah kawah domas. letaknya sekitar 2 kilometer dari kawah ratu. Sobat bisa berjalan kaki, dengan resiko kaki pegal, atau naik kuda. Atau pilihan lain, sobat bisa pindah parkiran ke parkiran kawah domas. Dari parkiran kawah domas, sobat tetap harus berjalan beberarapa ratus meter lagi ke area kawah. namun jalannya lebih mudah dibanding berjalan langsung dari kawah ratu.

Kawah domas menyajikan pengalaman yang berbeda. keindahan yang sedap dipandang mata dari bibir kawah ratu berubah menjadi petualangan penuh aktifitas di kawah domas ini. yang paling menjadi buah bibir tentunya merebus telus di kawah-kawah kecil yang bertebaran. Sobat belum resmi ke tangkuban perahu kalau belum merasakan telur rebus yang direbus dari kawah langsung. Rasanya seperti apa? Coba saja sendiri.

Hal lain yang bisa sobat lakukan adalah berendam sulfur yang baik untuk kulit.

Berwisata Ke Tangkuban Perahu

Seperti di atas, kawah ratu dan domas, merupakan area wajib dikunjungi. datanglah pagi hari, area pegunungan sering berkabut di sore hari. siapkan diri dengan aroma belerang, sobat perlu membawa minuman berasa untuk mengurangi rasa tidak enak saat mencium aroma belerang.

Telur rebus bisa sobat bawa dari rumah, kalau mau tidak repot, ya beli saja di sana, hanya sedikit lebih mahal. kamera jangan lupa untuk mengabadikan keindahan kawah ratu.

Tangkuban perahu menyajikan semangkuk keindahan raksasa dalam bentuk kawah ratu dan juga ektifitas mengasikan di kawah domas. Berwisatalah ke sana. Sekian, semoga wisata sobat ke tangkuban perahu menyenangkan.

Facebook Comments
tags:

Related For Tangkuban Perahu, Telur Rebus Kawah Domas dan Kawah Ratu

Page

Page

Page