Wisatalicious

Website Wisata Paling Nikmat!

Menu

Taman Sari Yogyakarta, Sang Taman Air Dari Masa Lalu

July 20, 2016 | Jogja, Uncategorized

Salah satu tempat yang wajib dikunjungi di kota gudeg tentu adalah taman sari Yogyakarta. Wisatawan asing maupun lokal selalu menjadikan tamansari menjadi salah satu objek wisata dalam liburan mereka di kota pelajar. Kali ini wisatalicious.com akan memberikan informasi seputar tamansari Yogyakarta untuk sobat licious semua.

Menuju Taman Sari Yogyakarta

Tamansari Yogyakarta masih berada dilingkungan keraton. Dari keraton, sobat bisa berjalan kaki sekitar lima menit kearah barat lalu belok ke selatan, sekalian menikmati suasana jogja. Naik becak juga bisa menjadi pilihan.

taman sari jogja-istana air

Tamansari Yogyakarta memang memiliki keindahannya tersendiri.  Istana air ini dibangun oleh mendiang Sultan Hamengkubuwono I pada tahun 1758 dan baru dapat diselesaikan sekitar tahun 1765. Memiliki bangunan bercita rasa khas tersendiri taman sari Yogyakarta juga seringkali menjadi tempat bagi para penggemar fotografi. Mungkin saja saat sobat sedang berkunjung di taman sari jogja ini sobat akan menemukan pasangan yang sedang melakukan foto pre wedding. Memang taman sari Yogyakarta terlihat artistic karena memang bangunan ini dibangun dengan memadukan kebudayaan jawa, eropa dan china.

Sobat Harus Berlibur Ke Taman Sari Yogyakarta

Taman sari Yogyakarta merupakan salah satu objek wisata yang ada di jogja yang selalu menjadi bagian dari paket wisata turis yang berlibur di jogja. Sejarah dari taman air ini berasal dari pecahnya kerajaan mataram menjadi Solo Dan Jogja. Raja Jogja kala itu kemudian ingin membuat sebuah tempat peristirahatan di dekat istana, maka dibuatlah taman sari yang indah.

Demak Tengis merupakan seorang yang bertanggung jawab menjadi arsitek dari taman sari ini. Uniknya ia berkebangsaan portugis, karena itulah cita rasa eropa sangat terasa saat sobat menulusi bangunan-bangunan di tempat wisata ini. Pot-pot besar yang merupakan ciri arsitektur eropa banyak ditemukan menghiasi bangunan di taman sari Yogyakarta.

Sejarah Taman Sari Yogyakarta

Taman sari dulunya dikelilingi danau karena memang tempat ini dibangun di sebuah mata air. Dan pada daerah kolam pemandian, jlai dari gapura, dahulu kala hanya sultan dan para selirnya serta keluarga kerajaan yang boleh masuk. Gapura panggung tersebu merupakan tempat dahulu sultan menyaksikan pertunjukan tari.

Kolam pemandian di area ini dibagi menjadi tiga yaitu Umbul Kawitan (kolam untuk putra-putri Raja), Umbul Pamuncar (kolam untuk para selir), dan Umbul Panguras (kolam untuk Raja). Pada bagian kolam terdapat menara tiga lantai yang menyisakan cerita dari masa lalu. Dari menara sobat bisa melihat keindahan kolam dari ketinggian.

Ingin Berwisata Ke Taman Sari Yogyakarta

Di sebelah barat kolam pemandian setelah naik tangga dan melewati gerbang sobat akan menemukan gapura agung. Tempat ini dulunya merupakan tempat parkirnya kereta kencana sultan. Sobat bisa melanjutkan melihat pesanggrahan di selatan taman sari. Dahulu, tempat ini merupakan tempat mempersiapkan strategi perang. Areal ini juga menjadi tempat penyimpanan senjata-senjata, baju perang, dan tempat penyucian keris-keris jaman dahulu. Pelatarannya biasa digunakan para prajurit berlatih pedang.

Wisatawan biasanya akan melanjutkan perjalanan melewati gang-gang di sekitar rumah warga menuju ke sebuah tempat yang disebut Gedung kenongo. Bangunan ini terlihat sangat artistik karena hanya menyisakan reruntuhan dari bangunan aslinya. Dari tempat ini, sobat bisa melihat ke arah utara dari ketinggian. Selanjutnya sobat harus menyusuri lorong menuju sumur gumuling. Lorong yang disebut tajug ini konon terhubung ke keraton Yogjakarta, dan dahulunya dapat digunakan sebagai jalan rahasia untuk melarikan diri dalam keadaan bahaya. Sedang sumur gumuling sendiri merupakan sebuah tempat yang dahu;unya adalah sebuah masjid bawah tanah sebagai tempat beribadah raja dan keluarga. Bangunan ini dibuat sedemikian rupa sehingga suara menggema dengan baik. Hal ini tentu akan memuat orang lebih berhati-hati saat berbicara di sini saat beribadah, juga lebih fokus mendengar suara imam saat shalat.

taman sari jogja-jalan rahasia

Taman Sari Yogyakarta- Sumur Gumuling

Ingin Berwisata Ke Taman Sari Yogyakarta?

Satu hal yang perlu diketahui meski namanya taman sari dan dalam bahasa inggrisnya water castle, namun sobat tidak bisa berenang di sini. Airnya pun hanya tedapat di bagian kolam pemandian, dan sobat juga tidak bisa mandi di sana, namun begitu, keindahan seni bangunan dan sejarah tempat ini tetap patut diapresiasi dan dinikmati. Kalau sobat memilih berlibur ke Bali, coba kunjungi Pura Uluwatu.

Taman sari Yogyakarta mudah dijangkau bahkan dengan berjalan kaki dari keraton. Tempat ini juga buka dari pagi. Sekitar jam Sembilan adalah waktu yang tepat bila sobat ingin berkunjung ke objek wisata ini karena suasana masih sejuk. Tiket masuk taman sari juga murah. Jangan lupa bawa kamera ke taman sari jogja tanpa kamera ibarat makan tanpa sambal bagi sebagian orang, kurang lengkap. Jadi kapan sobat akan berwisata ke taman sari Yogyakarta?

Facebook Comments

Related For Taman Sari Yogyakarta, Sang Taman Air Dari Masa Lalu

Page

Page

Page