Wisatalicious

Website Wisata Paling Nikmat!

Menu

Pura Uluwatu, Sunset Dan Tari Kecak Di Pura Luhur Di Tepi Laut

July 25, 2016 | Bali

Pura Uluwatu atau yang bagi orang Bali sering menyebutnya dengan sebutan Pura Luhur Uluwatu merupakan salah satu tempat wisata yang terkenal di pulau dewata ini. Keindahan dan nilai budaya serta kesakralan yang tinggi, dipadu dengan keindahan alam sekitar berupa pepohonan dan laut yang indah membuat pura uluwatu mampu memberikan kesan tersendiri bagi setiap orang yang dating ke sana. Pura uluwatu mampu memberikan pengalaman yang menenangkan namun tetap menghibur bagi wisatawan yang pernah berwisata ke salah satu pura penting bagi umat Hindu bali ini. Baca terus bahasan wisatalicious.com kali ini karena kita akan banyak membicarakan tentang pura ukuwatu di Bali.

Letak Pura Uluwatu Bali

Orang bule menyebutnya Uluwatu temple, karena temple memang bisa diartikan pura. Jadi dimanakan letak uluwatu temple atau pura uluwatu ini? Di pulau dewata sebelah barat daya, tepatnya Pura Uluwatu terletak di Desa Pecatu, sebuah Desa yang terletak di kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung-Bali. Lokasi yang sangat strategis dengan keindahan alam yang luar biasa membuat area desa ini menjadi pilihan para investor untuk menanamkan modal usahanya. Banyak hotel berdiri di sini, contohlah Bulgari Hotels & Resorts, Bali, Alila Villas Uluwatu, The Istana, Tirtha Bali, The Edge, The Khayangan estate dan masih banyak lagi hotel maupun wedding venue yang dapat and temui di desa satu ini. Kalau sobat suka berita gossip, pasti pernah mendengar ada artis yang mengadakan pernikahan di daerah sekitar uluwatu.

Begitu tiba di pura uluwatu ini, sobat akan mendapati Pura  indah yang berdiri kokoh dibatu karang yang menjorok ke arah laut dengan ketinggian kurang lebih 97 meter. Tebing berbatu disekeliling pura mampu memberikan pemandangan yang sangat luar biasa dramatis dan sangat memanjakan mata para wisatawan yang mengunjunginya. Lebih dari itu laut dibawahnya juga akan membuat mata sobat tak berhenti menoleh untuk sekedar menikmati ombak-ombak yang tercipta disebelah kanan Pura Uluwatu.

pura uluwatu

Singkat kata, pura uluwatu merupakan satu pura yang sangat indah.

Sejarah Pura Uluwatu

Tentang dibangunnya pura uluwatu ini, masih terjadi kesimpangsiuran. Menurut sejarah keberadaan Pura Uluwatu,dihubungkan dengan seorang pendeta Hindu yang berasal dari tanah Jawa yang bernama Empu Kuturan. Dia dianggap sebagai orang yang pertama kali menemukan dan membangun pura di tempat ini. Pendapat ini mengatakan bahwa pura Luhur Uluwatu ini didirikan oleh Empu Kuturan pada abad ke-9, yaitu pada masa pemerintahan Marakata.

Pendapat lain mengaitkan pembangunan Pura Uluwatu dengan Dang Hyang Nirartha, seorang pendeta yang berasal dari Kerajaan Daha di Kediri di Jawa Timur. Dang Hyang Nirartha datang ke Bali pada tahun 1546 M, yaitu pada masa pemerintahan Dalem Waturenggong. Sang Pedanda kemudian mendirikan Pura Uluwatu di Bukit Pecatu. Setelah melakukan perjalanan spiritual berkeliling P. Bali, Dang Hyang Nirartha kembali ke Pura Uluwatu. Dan pura inilah Sang Pedanda akhirnya ‘moksa’, atau meninggalkan menuju surga beserta tubuh jasmaninya. Upacara peringatan hari jadi pura jatuh pada hari Anggara Kasih, wuku Medangsia dalam penanggalan Saka. Biasanya upacara tersebut berlangsung selama 3 hari berturut-turut dan diikuti oleh ribuan umat Hindu.

Terlepas dari sejarahnya yang masih kurang jelas, pura Uluwatu merupakan salah satu pura penting di Bali. Pura ini berada di wilayah barat daya pulau bali. Dalam kepercayaan agama hindu, arah itu merupakan arah untuk memuja dewa Rudra, salah satu perwujudan dewa Siwa. Yang juga merupakan Pura penting lain di Bali adalah Pura Tanah Lot yang berada di tebing karang pantai.

Air Suci Di Pura Uluwatu

Pura uluwatu memiliki bangunan yang indah. Di dalamnya juga ada beberapa patung dewa yang yang dipuja di pura ini. Namun satu hal yang juga cukup menarik adalah keberadaan air suci di pura uluwatu ini. Kalau sobat mau memperhatikan, seringkali ritual keagamaan berhubungan dengan air, dan khusus dalam agama hindu, seringkali menggunakan air yang dianggap suci dan keramat. Di dalam bangunan pura ini ada sebuah bak air yang selalu berisi air meskipun musim kering sekalipun. Hal ini merupakan suatu keajaiban dari Pura Luhur Uluwatu. Sebab, di wilayah Desa Pecatu ini adalah daerah perbukitan batu karang berkapur yang biasanya mengandalkan air hujan. Karena itulah air di  bak  itu dikeramatkan. Biasanya digunakan untuk kepentingan tirta suci. Yaitu air yang digunakan untuk upacara keagamaan.

Pantai, Kera, Sunset, Dan Tari Kecak Di Pura Uluwatu

Satu Hal yang harus sedikit menjadi perhatian bagi setiap wisatawan yang dating ke pura uluwatu ini adalah keberadaan kera-kera yang kadang suka usil. Jika sobat dating ke sana, jaga barang bawaan sobat dengan erat dan hati-hati, jangan salahkan para kera jika mengambil barang bawaan sobat.

kera di pura uluwatu

Bagi sobat yang menyukai olah raga air, di pantai uluwatu, atau para bule menyebutnya uluwatu beach, juga merupakan salah satu tempat favorit bagi orang untuk mencoba olah raga air semacam surfing atau berselancar. Tempat unik lain yang menyediakan aktifitas air adalah pantai Lovina Bali. Di pantai lovina, sobat bisa bermain dengan lumba-lumba.

berselancar di pantai uluwatu

Bagi sobat yang lebih menyukai menikmati budaya bali datanglah ke pura uluwatu ini sore hari sebelum jam 6. Setiap hari di Pura Uluwatu para wisatawan yang datang dapat menikmati pertunjukan tari tradisional Bali yaitu Tari Kecak. Tari Kecak di Pura Uluwatu ini menceritakan kisah tentang Ramayana yang sangat terkenal yaitu adegan saat Dewi Shinta diculik oleh Rahwana. Pertunjukan ini berlangsung dari jam 6 sampai dengan jam 7 malam. Pertunjukannya dilakukan di tempat terbuka dengan latar belakang matahari terbenam.

Bisa sobat bayangkan menikmati keindahan gerak tari kecak di tengah semilir pantai dengan siluet matahari terbenam sebagai latarnya. Pasti menjadi pengalaman yang luar biasa.

tari kecak di pura uluwatu

Bertamasya Ke Pura Uluwatu

Ada keindahan alam di sana. Ada nilai-nilai tradisi yang masih terjaga di sana, dengan fasilitas wisata yang lengkap, dengan beragam daya Tarik yang akan membuat sobat betah. Cari tahu juga tentang Tanah Lot, Pura, Pantai, Dan Ular Suci yang ada disana. Jadi jika sobat berencana liburan ke Bali, masukan Tanah lot dan  pura uluwatu dalam rencana paket tour Bali sobat saat liburan nanti.

Facebook Comments

Related For Pura Uluwatu, Sunset Dan Tari Kecak Di Pura Luhur Di Tepi Laut

Page

Page

Page