Wisatalicious

Website Wisata Paling Nikmat!

Menu

Pasar Beringharjo malioboro Jogja, Nuansa Tradisonal Dan Berburu Batik

September 9, 2016 | Jogja

Pasar beringharjo yang terletak di sebelah kiri jalan malioboro merupakan salah satu tempat terkenal kota jogja. Pasar beringharjo, yang juga merupakan pasar tradisional terbesar di jogja menyimpan sejuta sejarah perkembangan keraton dan kota jogja. Berkunjung ke malioboro sempatkanlah mampir ke pasar beringharjo ini. Menikmati suasana tradisional di antara mulai maraknya mall-mall. Mengasah kemampuan sobat dalam tawar menawar barang. Dan tentunya berburu batik murah. Pasar beringharjo merupakan satu kesatuan dalam sejarah dan nafas kehidupan kota budaya jogja. Kali ini, wisatalicious.com akan membahasnya untuk sobat semua.

Asal Muasal ( Nama ) Pasar Beringharjo

Pasar beringharjo tak bisa dilepaskan dengan keberadaan keraton Yogyakarta.  Pasar Beringharjo merupakan salah satu komponen dalam pola tata kota Kerajaan, biasa disebut pola Catur Tunggal yaitu Keraton, Alun-alun, Pasar dan Masjid (Bangunan Suci).

Kabarnya dulu area pasar ini sebelumnya merupakan daerah pemakaman orang Belanda loh sob. Masih ada hantunya engga y? g tahu sih, tapi cerita berlanjut saat kemudian tahun 1758 tempat ini secara resmi dipergunakan sebagai ajang pertemuan rakyat dengan titah sang raja Sri Sultan kala itu.

Namun baru pada awal abad ke Sembilan dibangun los-los untuk pasar. Dan mulailah bangunan berkembang dari zaman ke zaman hingga seperti sekarang.

Nama Pasar Beringharjo sendiri Sedangkan diberikan setelah bertahtanya Sri Sultan Hamengkubuwono IX. Sang raja mendapat ide dari tempat berdirinya pasar yang sebenarnya dulu banyak ditumbuhi pohon beringin. Maka diambilah kata beringin. Lalu, Karena tempat ini adalah pasar yang merupakan tempat perekonomian orang jogja yang diharapkan mampu member kesejarteraan, maka diambilah kata harjo, yang bisa diartikan sejartera. Dan Munculah nama Beringharjo yang terdengar cathy di telinga. Sri Sultan IX pinter juga ya milih nama.

Berburu Jamu Hingga Barang Antik Di Pasar Beringharjo

Pasar Beringharjo, sebagai pasar Utama atau pasar pusat di jogja tentunya menyajikan beragam hal untuk dinikmati. Setiap harinya dari pagi hingga sore hari anyak orang berdatangan ke pasar ini. Beragam barang dijual di sini.

Bagian pasar di lantai dua di sisi timur merupakan pusatnya jualan jamu. Berbagai jenis bahan dasar jejamuan mulai dari jahe, kunyit, hingga si pahit temu lawak ada di sini. Bagian ini ibaratnya surganya jamu deh.

Lalu ada juga surganya barang antik di lantai 3. Buat para pemburu barang antic, kalau ke jogja wajib mampir ke tempat ini. Siapkan mata jeli untuk sobat yang ingin bermai dan membeli barang agar mendapat barang terbaik.

Pasar Batik Murah Jogja, Pasar Beringharjo

Satu yang juga paling terkenal dari tempat ini adaaah sebagai tempat orang mencari oleh-oleh batik murah. Seperti pasar lain, seni tawar menawar adalah keharusan untuk digunakan saat sobat membeli batik di pasar ini. Jangan malah terkesima dengan senyum pedagang ramah dan cantik lalu asal beli. Tawar semurahnya sob.

Batik di tempat ini beragam harga jenis dan kualitasnya. Tapi jika memang sobat mencari batik murah ya inilah tempat terbaik. Ada banyak kios penjual yang bisa sobat pilih. Penjualnya ramah dan siap membantu menemukan batik yang sobat cari.

Pasar Batik Murah Jogja, Pasar Beringharjo

Pasar Batik Murah Jogja, Pasar Beringharjo

Menikmati Kuliner Tradisional Pasar Beringharjo

Sebuah pasar tidak lengkap tanpa penjual makanan. Dan tentunya pasar beringharjo Jogjakarta ini juga menyajikan kuliner nikmat yang membuat liur menetes. Di sepanjang pintu masuk pasar banyak terdapat masakan tradisional yang bisa sobat semua nikmati. Mulai dari burung dara panggang hingga pecel yang berbahan sayuran.  Mulai dari Es dawet hingga es kelapa muda. Nikmat banget pokoknya. Rasanya belum lengkap bila melewati pasar ini tanpa mencoba kulinernya terlebih dahulu.

Menikmati Kuliner Tradisional Pasar Beringharjo

Menikmati Kuliner Tradisional Pasar Beringharjo

Tips Berkunjung ke Pasar Beringharjo

  1. Seni tawar menawar adalah senjata utama untuk mendapat barang murah di tempat ini.
  2. Jangan datang malam, karena pasar ini tutup jam 5 an.
  3. Karena banyaknya jenis barang dagangan di pasar ini, jadi siapkan dari rumah barang apa yang sobat mau beli, jadi tidak bingung pas lihat barang di sini.
Main Ke Malioboro Mampir ke Pasar Beringharjo

Letak pasar yang berada di sisi jalan maliobro membuat tenpat ini strategis. Main ke malioboro mapir ke pasar beringharjo untuk membeli batik. Sobat juga bisa mampir ke taman sari. Sekian sob, pasar beringharjo menunggu kedatangan sobat.

Facebook Comments

Related For Pasar Beringharjo malioboro Jogja, Nuansa Tradisonal Dan Berburu Batik

Page

Page

Page