Wisatalicious

Website Wisata Paling Nikmat!

Menu

Pantai Sawarna, Surga yang Tersembunyi Di Banten

September 21, 2016 | Jawa Barat

Sobat sudah mendengar nama pantai sawarna? Sobat perlu tahu tentang pantai sawarna ini, karena pantai sawarna ini merupakan salah satu pantai yang paling indah di banten Jawa barat. Jadi, kalau sobat ada rencana untuk ke daerah banten, wajib hukumnya mampir ke pantai sawarna ini. Pantai sawarna menawarkan keindahan bahari yang masih alami. Nikmatnya suasana angin laut yang lembut, dipadu dengan suara debur ombak dan indahnya pemandangan sekitar di pantai ini tak ada duanya. Beberapa orang bahkan menyebut pantai sawarna sebagai surga tersembunyi dari Banten.

pantai sawarna
Menuju Pantai Sawarna

Pantai sawarna menjadi dikenal luas setelah keindahannya terekspos dalam film perahu kertas. Cantiknya pantai sawarna tak kalah cantik dengan sang artis Maudy Ayunda. Keindahan yang nampak dalam film tersebut nyatanya bukan tipuan, sob, pantai ini memang indah.

Sebagai surga tersembunyi, pantai sawarna memang masih belum banyak terjamah eksplorasi. Karenanya pantai ini masih alami dan tentunya menjadi daya tarik tersendiri bagi para pecinta wisata pantai.

Namun, sebagaimana surga tersembunyi yang lain, pantai sawarna ini memiliki tantangan khusus untuk bisa mencapapai ke sana. Jalan berkelok dan cukup jauh menjadi harga yang harus dibayar bagi sobat yang ingin datang ke pantai ini. Namun hasilnya setimpal, begitu sobat datang ke area pantai desa sawarna ini.

Di Desa Sawarna terdapat lima pantai yang indah dan eksotik. Bahkan, ada satu lokasi pantai yang biasa digunakan para wisatawan mancanegara maupun domestik untuk berselancar. Kelima pantai tersebut adalah Karang Taraje, Legon Pari, Karang Bereum, Tanjung Layar, Pasir Putih, dan Pantai Muara. Tempat wisata Pantai Sawarna dapat diakses menggunakan roda dua dan roda empat, dengan membayar retribusi Rp 5.000 per orang. Ditambah Parkir tentunya.

Pantai Sawarna terletak di wilayah Kampung Cikaung l, Desa Sawarna, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Pantai indah ini jaraknya sekitar 150 km dari pusat kota Rangkasbitung. Sepanjang perjalanan menuju ke pantai sawarna ini jalan berliku dan tentunya membutuhkan kendaraan yang prima. Selain itu, bensin menjadi barang yang cukup langka, sehingga harus disiapkan. Pastikan juga google map sobat nyala biar ga kesasar.

Menikmati Beragam Aktifitas Di Pantai Sawarna

Pantai Sawarna, Surga yang Tersembunyi Di Banten
Sebagai area wisata pantai sawarna memiliki banyak hal yang ditawarkan. Mulai dari menikmati sunset dan sunrise hingga surfing. Mulai dari sekedar bersantai berjalan di bibir pantai hingga panjat tebing, nikmatnya lengkap deh berlibur di pantai ini.

Pantai Sawarna merupakan pantai yang menghadap ke bagian Samudera Hindia. Seperti yang kita pelajari di pelajaran geografi bahwa letak Indonesia ini diapit oleh dua samudera yaitu Samudera Hindia dan Samudera Pasifik. Pantai Sawarna ini menghadap ke bagian Samudera Hindia. Ciri khas dari pantai ini adalah memiliki ombak yang besar dan arus yang kuat. Panjang pantainya mencapai 65 km dihiasi karang dan pasir putih. Kawasan desa pesisir sawarna memiliki berbagai macam objek wisata menarik untuk dikunjungi seperti pantai, sungai, hutan, panjat tebing, gua, dan agrowisata. Wilayah pesisir indah ini menyatu dengan kisah mistis Nyai Roro Kidul dan ekploitasi batu bara di Bayah dan Lebak oleh penjajah asing.

Tempat yang paling sering menjadi tujuan wisata di daerah Desa Sawarna: Karang Taraje, Legon Pari, Karang Bereum, Tanjung Layar, Pasir Putih, Goa Lalay, Goa Langir, Karang Bokor, dan Pulo Manuk.

Wisata Gua Dan Pantai Di Pantai Sawarna
Sejarah Pantai Sawarna Banten

Pantai sawarna memnag terkenal lewat film perahu kertas, namun sejarah pantai ini sudah lama ada. Nama pantai sawarna berasal dari kepala desa pertama yang bernam swarna. Nama itu kemudian diambil dan dipadukan dengan filosofi sewarna atau satu warna yang menunjukan persatuan masyarakat sunda di daerah tersebut.

Fasilitas Di pantai Sawarna

Pantai sawarna memang memiliki fasilitas yang masih minim. Diawali dari perjalanan yang jauh yang membutuhkan kendaraan yang prima dan persiapan yang baik. Di pantai ini ATM juga belum ada, jadi siapkan banyak uang tunai.

Namun soal makan dan homestay, jangan khawatir, mulai dari toko model mart hingga warung makanan ada di daerah ini. Untuk tinggal, epnginapan berharga terjangkau juga ada di pantai Sawarna ini.

Tips Berwisata ke Pantai Sawarna

1. Waktu Yang Cukup

Area pantai sawarna luas dan menyediakan banyak kegiatan mulai dari menelusuri gua hingga snorkeling. Jadi, jika sobat berangkat dari rumah pagi, nyampai pantai sawarna siang, dan sore pulang, rasanya kurang nikmat.

2. Persiapan yang Cukup

Mulai dari fisik untuk perjalanan jauh, lalu kemobil yang sehat, dan bahan bakar yang cukup. Dan juga tentunya uang tunai. Pakaian dan makanan juga sebaiknya disiapkan.

3. Jaga kebersihan

Sebagai wisatawan yang baik dan berhati luhur kita juga harus ikut menjaga kebersihan pantai sawarna ini. Memang sarana kebersihan di tempat ini masih minim, jadi sobat perlu bawa plastik untuk menyimpan sampah, baru nanti pas ada tempat sampah dibuang ke sana.

Wisata Gua Dan Pantai Di Pantai Sawarna

Goa Lalay ini merupakan goa yang menarik untuk dikunjungi sebab bentuk goanya sangat unik ditambah lagi adanya sungai yang ada di dalamnya. Lalay berarti kelelawar hal itu dikarenakan dulunya di dalam goa tersebut terdapat banyak kelelawar yang menempel di dinding goa. Setiap orang yang ingin masuk ke Goa Lalay dikenakan biaya sebesar 2 ribu rupiah saja. Murah meriah.

Pantai Teluk Legon Pari adalah satu tempat idola lain. Pantai ini memiliki ombak yang tinggi. Ombak sering menerjang bibir pantai dan membasahi badan pengunjung. Pantai ini memiliki jarak sekitar 1,5 km dari Desa Sawarna.

Dan banyak lagi tempat menarik di sini.

Itu adalah sebait keindahan dari pantai sawarna di banten jawa barat. Pantai ini ga kalah dengan pantai sanur di bali, dan lebih alami. Sekian, selamat berwisata ke pantai sawarna banten.

Facebook Comments
tags:

Related For Pantai Sawarna, Surga yang Tersembunyi Di Banten

Page

Page

Page