Wisatalicious

Website Wisata Paling Nikmat!

Menu

Pantai Ngobaran Gunung Kidul, Pantai Ala Bali Di Jogja

July 26, 2016 | Jogja

Pernah mendengar nama pantai ngobaran di gunung kidul Yogyakarta sob? Ini merupakan salah satu pantai yang bagus yang ada di kota pelajar Yogyakarta yang pantas untuk dikunjungi. Wisata pantai di jogja memang yang paling terkenal adalah pantai parangtritis dengan legenda nyai roro kidulnya yang terkenal. Namun, pantai ngobaran jogja akan mampu memberikan suasana yang berbeda disbanding dengan pantai lain. Ada pura di pantai ngobaran ini, ada juga landak laut. Intinya, pantai ngobaran pantas dijadikan referensi wisata sobat licious semua.

Letak Dan Lokasi pantai Ngobaran

Pantai Ngobaran di gunung kidul ini berjarak skitar 2 jam perjalanan dari kota Yogyakarta. Memang pantai ngobaran ini belum sepopuler dan terkelola pantai-pantai lain di gunung kidul, semisal pantai baron atau Pantai Indrayanti, namun untuk mencapai lokasi ini tidaklah terlalu sulit karena sudah ada papan penunjuk arahnya.

Dari jalan Jogja-Wonosari di pertigaan Gading silakan ambil jalan ke selatan arah Playen, tinggal ikuti saja jalan sampai ke pertigaan pasar Paliyan ambil kiri kemudian tidak jauh dari situ belok ke kanan dan tinggal ikuti jalan serta memperhatikan papan penunjuk arah ke pantai Ngobaran. Yang harus menjadi perhatian adalah jalan yang sempit dan berkelok-kelok naik turun karena areanya memang melewati daerah perbukitan di gunung kidul. Tapi hal ini menjadi pengalaman tersendiri yang bisa menjadi cerita mengasyikan.

Sampai di tempat yang dimaksud, sobat akan merasakan sensai yang berbeda. Pantai ini akan memberikan kesan yang unik karena sobat akan disambut beberapa tempat peribadatan yang salah satunya adalah sebuah pura. Itulah kenapa banyak orang mengatakan pantai ngobaran ini seperti pantai bali yang kesasar di jogja. Karena di salah satu sudut pantai ini ada pure lengkap dengan patung dewa-dewa seperti di bali.

pura di Pantai Ngobaran Gunung Kidul

Cerita Dan Mitos  DIbalik Pantai Ngobaran

Sobat yang tahu bahasa jawa bisa menduga nama panti ngobaran itu berasal dari kata apa? Ya kata “kobaran” atau “kobong” yang menunjukan api yang menyala-nyala. Memang asal mula nama pantai ngobaran terkait dengan sebuah cerita yang ada hubungannya dengan api.

Legenda pantai ngobaran ini berasal dari cerita tentang raja terakhir majapahit yaitu Brawijaya V yang lari dari kejaran anaknya raja Demak pertama yaitu Raden patah. Raja Brawijaya V terus berpindah-pindah dan meninggalkan banyak peninggalan. Salah satunya adalah candi cetho di kaki gunung lawu dekat Tawangmangu.

Sebagai pengingat, cerita tentang Raden Patah yang mengejar-ngejar ayahnya ini masih simpang siur kebenarannya. Raden patah, yang sebenarnya adalah anak dari Brawijaya V telah masuk Islam dan menjadi raja Demak. Ia juga ingin agar sang ayah masuk Islam.

Pelarian sampai di pantai ini. Raja Brawijaya terpojojk. Untuk menghindari kejaran anaknya, akhirnya sang raja terakhir majapahit memutuskan membakar diri.

Ia Sempat bertanya kepada dua istrinya tentang cinta mereka, “Wahai istriku ! siapa diantara kalian yang paling besar rasa cintanya kepadaku ?”. salah satu istrinya Dewi Lowati menjawab “ cinta saya kepada tuan sebesar gunung” sedangkan Bondan Surati istri yang lain menjawab “cinta saya kepada tuan sama seperti kuku ireng, bila setiap di potong pasti akan tumbuh kembali, jika cinta itu hilang maka cinta itu akan tembuh kembali”.

karena rasa cinta Dewi Lowati  ini lebih kecil dibandingkan dengan cinta Bondan Surati, Prabu Brawijaya pun kemudian menarik tangan Dewi Lowati dan membawanya melompat ke dalam api yang membara. Hingga akhirnya keduanya tewas terbakar.

Dari peristiwa inilah nama pantai ngobaran muncul yang berasal dari kata kobong atau kobaran. Legenda tentang peristiwa ini pun masih diceritakan hingga sekarang.

Sekali lagi, ini adalah sebuah legenda, yang entah kebenarnanya. Ada versi lain yang menyebut bahwa prabu brawijaya menipu Raden patah dengan pura-pura membakar diri. Pada versi ini, yang sebenarnya terbakar adalah seekor anjing. Pendapat ini dikuatkan dengan diketemukannya petilasan berupa tulang sisa kobaran api yang ternyata bukan tulang manusia tetapi tulang-belulang anjing.

Silahkan sobat menilai sendiri secara bijak tentang cerita di atas, tetapi jangan ada kesan satu agama yang memaksakan agama lain kepada orang lain. Di pantai ngobaran ini, bahkan terlihat symbol kerukunan dan keselarasan hidup beragama dengan adanya pura, masjid, dan tempat ibadah aliran kepercayaan lain yang berdekatan.

Pura, Masjid, Dan Patilasan Prabu Brawijaya Di pantai Ngobaran

Memang pantai ngobaran mengingatkan kita akan pantai di bali. Keberadaan pura di dekat pantai pastinya membawa pikiran sobat ke pure tanah lot di Bali yang berada di tepi laut.

Namun, bukan itu saja, ada banyak tempat menarik di pantai ngobaran ini. Pertama adalah petilasan Prabu Bariwaja. Menyambung cerita tentang raja brawijaya yang membakar diri di atas, kini menjadi tempat peribadatan pengikut aliran “Kejawan” ( Bukan Kejawen ; Nama “Kejawan” menurut cerita berasal dari nama salah satu putra Brawijaya V, yaitu Bondhan Kejawan.). Di sekitar tempat itu dibangun joglo dan pura khusus untuk beribadat aliran kepercayaan ini. Bangunan ini baru dibangun pada tahun 2003.

Lalu ada juga pure yang digunakan beribadah umat Hindu.

masjid di Pantai Ngobaran Gunung Kidul

Dan terkhir ada juga sebuah masjid yang uniknya menghadap ke selatan dan berlantai pasir. Untuk menandai arah kiblat, diberi tanda arah di tembok. Tak ada yang tahu pasti alasan pembangunan masjid yang demikian ini.

Kuliner Landak Goreng Dan Rumput laut Di pantai Ngobaran

Satu hal lagi yang membuat pantai ini menjadi istimewa adalah kulinernya. Yang dimaksud tentunya adalah landak laut goring yang tersedia di warung-warung di sekitar panti. Buat sobat penyuka wisata kuliner harus mencoba makanan yang satu ini. Menurut yang pernah mencoba, daging landak laut sangat kenyal dan rasanya lezat.

Masyarakat setempat juga menjadikan rumput laut sebagai salah satu lahan penghasilan di pantai ngobaran ini. Bila sobat datang ke pantai di pagi hari sekitar jam 9 sobat akan menemukan orang yang sedang mencari rumput laut. Sobat bisa membelinya bila sobat ingin mengolahnya di rumah.

Bukit Dan Matahari Terbenam Di Pantai Ngobaran Gunung Kidul

Agar lebih seperti pantai di bali, sobat bisa juga menikmati matahari terbenam di pantai ngobaran. Untuk hasil foto terbaik, sobat bisa naik ke bukit yang ada di pantai ini. Pantai ngobaran memang memberi kesan yang berbeda dengan pantai lain yang ada di Jogjakarta. Yang sedikit menjadi kekurangan di pantai ini adalah saat ini fasilitas yang masih belum memadahi. Belum ada penginapan membuat orang tidak bisa bermalam di pantai ini.

Namun tetap, pantai Ngobaran adalah salah satu pantai indah yang ada di gunung kidul Jogjakarta. Jadi, berkunjunglah ke jogja, kunjungi juga keraton yogyakarta dan taman sari, dan jangan lupa masukan pantai ngobaran dalam rencana wisata sobat.

Facebook Comments

Related For Pantai Ngobaran Gunung Kidul, Pantai Ala Bali Di Jogja

Page

Page

Page