Wisatalicious

Website Wisata Paling Nikmat!

Menu

Malioboro, Jalan Seribu Cerita Di Kota Jogja

July 26, 2016 | Jogja

Jalan malioboro adalah salah satu jalan terpenting di kota gudeg. Sobat belum bisa mengaku ke jogja sebelum sobat menapakakn kaki di jalan yang penuh sejarah ini. Malioboro, sebuah nama yang tentunya sangat lekat dengan kota budaya jogja. Jalan malioboro identik dengan keramaian pedagang di kedua sisi jalannya. Pertokoan yang terlihat diam menyimpan sejarah jalan ini. Juga ratusan manusia yang setiap harinya mencari suasana khas jogja dengan kaos dagadunya untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh dari kota wisata. Itulah yang orang rasakan ketika dating ke malioboro. Wisatalicious.com akan mebahas tentang malioboro kali ini.

Jalan Penuh Sejarah Bernama Malioboro

Ada yang tahu asal mula nama jalan malioboro? Terdengar seperti merk rokok bukan sih? Apa memang nama jalan ini berasal dari bahasa asing? Menurut salah satu versi, nama jalan malioboro berasal dari seorang Panglima Kerajaan Inggris bernama Duke of Malborough. Seringnya pasukan inggris melewati jalan ini, dan kakunya lidah orang jawa menyebut nama itu, membuat orang menyebut jalan ini menjadi jalan malioboro. Ada juga versi lain yang mengatakan malioboro berasal dari bahasa sanksekerta “Malyabhara”.

 

 

“Malyabhara” sendiri berarti karangan bunga. Nama ini lebih masuk akal mengingat jalan ini merupakan jalan yang ada di depan istana atau keraton Jogjakarta. Pastinya sering ada karangan bunga di sepanjang jalan bila ada pesta kerajaan seperti pernikahan pangeran.

Ada juga yang memlesetkan malioboro dari “mari yuk borong” soalnya kalau sudah jalan-jalan ke malioboro pinginnya borong macam-macam oleh-oleh deh.

Jalan malioboro terbentang secara romantis spanjang satu kilometer. Mulai rel yang ada di sebelah utara yang menghubungkan dengan jalan mangkubumi dan Bank Indonesia di sebelah selatan. Jalan ini dipercaya dibuat sedemikian rupa dengan perhitungan khusus sehingga menyimbolkan kesatuan antara keraton Yogyakarta, gunung merapi si utara, dan pantai parangtritis atau laut selatan. Dalam ya sob, jadi jalan malioboro bukan sekedar tempat jajan oleh-oleh, tapi memiliki makna tersendiri.

Belanja Dan Foto-Foto Di jalan malioboro

Belum lengkap ke jogja sebelum ke jalan malioboro sob. Apa saja yang bisa orang lakukan saat berkunjung ke jalan malioboro?

Tips Menikmati Waktu Di jalan Malioboro

  1. Berfoto

Ada banyak spot menarik di sepanjang satu kilometer jalan ini. Mulai dari ujung utara dekat rel, lalu di sebuah papan yang bertuliskan jalan malioboro, lengkap dengan versi tulisan hanacarakan, atau jawa. Hingga ke ujung selatan, di perempatan bank Indonesia dengan bangunan tua bercat putihnya. Lo sobat suka foto, nih tempat penuh inspirasi pokoknya.

Belanja Dan Foto-Foto Di jalan malioboro

  1. Mendengarkan Musisi Jalanan

Jalan malioboro sebagai pusat keramaian menarik perhatian para musisi jalanan. Beberapa melakukan penampilan dengan sangat menarik. Penampilan mereka member suasana tersendiri bagi para wisatawan.

  1. Menawar Barang

Ini tempatnya sobat menunjukan keahlian sobat dalam menawar barang. Barang yang dijual di kaki lima hamper semuanya bisa ditawar. Tunjukan skill sobat, tawar semurah mungkin. Sambil senyum nawarnya mungkin bisa membantu.

  1. Beli Batik

Lo ke jogja ga bawa pulang batik, kurang afdol. Beli lah barang Satu.

  1. Beli Kaos Dagadu

Kaos plesetan khas jogja. Wajib beli buat pamer ke tetangga.

  1. Jajan di Depan Pasar Beringharjo

Ada banyak makanan tradisional di situ. Beli barang lima ribu buat cicipin ga bakal bikin rugi.

  1. Borong Oleh-Oleh

Mulai dari kaos, sandal. Apa aja ada.

Belanja Dan Foto-Foto Di jalan malioboro

Bangunan Penting Di Jalan Malioboro

Di jalan Malioboro ini juga berjejer beberapa bangunan penting mulai dari gedung DPR, kantor gubernur, hingga Gedung agung, tempat tinggal presiden di jogja, dan tentunya juga benteng vendenburg. Yang lebih menarik lagi sering ada acara pawai di jalan ini. Mulai dari  pawai budaya biasa hingga yang heboh terakhir adalah kirab agung ketika ada pernikahan keluarga istana.

Tips Menikmati Waktu Di jalan Malioboro

Ga terasa waktu berjalan saat di jalan malioboro ini. Banyak hal menarik untuk dilakukan. Kalau sobat dating ke sini, enaknya sore ahri jadi ga panas. Siapin juga kaki untuk berjalan kesanan kemari. Tentunya juga siapin dompet yang tebal, buat borong.

Pastikan sobat menawar saat membeli. Dan terakhir, belajar sedikit bahasa jawa, “matur nuwun” artinya terima kasih. Masak kalah sama bule.

oh ya, mulai tahun ini parkir di malioboro  ditata lebih rapi sob, parkiran yang dulunya di sisi jalan kini dipindahkan ke dekat stasiun tugu. hasilnya trotoar malioboro semakin enak buat jalan kaki.

Sekian sob. Sobat mampir ke wisata keraton jogjakarta juga kan.  Semoga liburan di jogja semakin asik dengan menghabiskan waktu di jalan malioboro.

Facebook Comments

Related For Malioboro, Jalan Seribu Cerita Di Kota Jogja

Page

Page

Page