Wisatalicious

Website Wisata Paling Nikmat!

Menu

Lovina Bali, Pantai Lumba-Lumba Di Pulau Dewata

July 24, 2016 | Bali

Pantai Lovina Bali tentu merupakan satu nama yang semakin sering orang dengar saat membicarakan nama-nama pantai yang terkenal di pulau Dewata. Memang pantai lovina Bali semakin hari semakin menarik perhatian para wisatawan untuk menjelajahi keindahan pasir hitamnya. Kawasan pantai Lovina Bali juga menawarkan satu hal yang istimewa. Yaitu kesempatan untuk bisa berada dekat dengan lumba-lumba yang hidup bebas di laut. Sobat licious tentu sudah tidak sabar, kali ini, wisatalicious.com akan membahas mengenai pantai lovina, atau yang orang bule nyebutnya lovina beach Bali. Memang di kawasan lovina bali banyak juga turis asingnya.

Kalau dilihat dari namanya orang tentunya akan berfikir kalau nama lovina terdengar sedikit aneh. Dalam artian nama ini tidak terdengar seperti nama Bali. Coba bandingkan dengan nama pantai lain seperti Tabah Lot, Pantai Sanur, Pantai Kuta. Semua terdengar khas bali, tapi Lovina, terdengar seperti bahasa asing.

pantai lovina bali

Letak Pantai Lovina Bali

Pantai Lovina Bali terletak di bagian Bali sebelah utara. Dibandingkan dengan kawasan bali bagian selatan memang kawasan ini tak seramai itu. Namun hal ini menjadi kelebihan tersendiri bagi wisatawan yang menginginkan suasana liburan di Bali yang berbeda. Suasana yang lebih tenang, dan pantai yang lebih alami adalah apa yang ditawarkan di kawasan pantai utara bali. Ombak di sini tak sebesar ombak di pantai parangtritis Yogyakarta.

Pantai Lovina Bali letaknya berada di Desa Kalibukbuk, masuk wilayah Kabupaten Buleleng, di Provinsi Bali. Dari Kota Singaraja maka pantai ini hanya berjarak sekitar 9 kilometer. Jika dari arah pelabuhan gilimanuk, akan butuh waktu sekitar 3 jam berkendara.

Soal akomodasi, banyak hoyel di lovina bali yan bisa menjadi pilihan. Hotel besar maupun kecil banyak tersedia di kawasan ini.

Asal Muasal Pantai Lovina Bali

Memang tidak salah bila orang beranggapan nama pantai Lovina terdengar sedikit berbeda jika dibandingkan dengan nama tempat lain di bali. Dalam bahasa bali, tidak ada huruf “V” jadi, memang nama lovina bukan berasal dari bahasa bali sepenuhnya. Kata lovina berasal dari 2 kata yang berbeda, yaitu bahasa inggris “LOVE” yang berarti cinta dan bahasa Bali “INA” yang berarti ibu, beberapa orang mengarikannya sebagai kecintaan terhadap ibu pertiwi atau tanah kelahiran. Bali memang menjunjung tinggi budaya. salah satunya dengan keberadaan pura Uluwatu yang berada di tepi laut.

Hal ini cukup beralasan jika sobat menilik awal mula kemunculan kawasan pantai Lovina sebagai kawasan wisata di Bali utara.

Semua berasal dari seorang bali bernama Anak Agung Panji Tisna. Beliau pernah melakukan perjalanan ke beberapa negara di Eropa dan Asia. Salah satu hal yang menarik perhatian beliau adalah saat dia tinggal beberapa minggu di Bombay (sekarang Mumbai). Cara hidup dan kondisi penduduk di sana yang dianggap mirip dengan bali mempengaruhi cara pikir dan wawasan beliau ke depan untuk Bali, terutama pembangunan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Buleleng.

Di sana Panji Tisna juga melihat suatu tempat yang ditata indah untuk orang-orang berlibur di pantai. Tanah tersebut memiliki kesamaan dengan tanah miliknya di pantai Tukad Cebol – Buleleng – Bali Utara. Hal ini memberikan inspirasi Panji Tisna untuk membangun sebuah peristirahatan seperti itu.

Singkat kata, beliau membangun sebuah penginapan kecil untuk wisatawan yang berkunjung di pantai utara bali dan diberi nama LOVINA.

Mengalami pasang surut serta perdebatan mengenai nama yang dianggap tidak mencerminkan budaya bali, kini pantai lovina bali menjadi salah satu ikon kawasan wisata di pulau bali, terutama di pesisir pantai utara bali.

lumba-lumba di pantai lovina bali2

lumba-lumba di pantai lovina bali

Pasir Hitam Dan Lumba-Lumba Di Pantai Lovina Bali

Satu hal yang menjadikan pantai lovina berbeda dengan pantai selatan bali adalah warna pasirnya yang hitam. Hal itu tentu kontras disbanding dengan pantai kuta yang terkenal dengan pasir putihnya. Dan lebih dari itu, pantai ini juga mendapat sebutan dolphin beach atau pantai lumba-lumba. Bukan tanpa alasan, sebab bila sobat berwisata ke lovina bali, sobat akan berkesempatan untuk bertemu dengan lumba-lumba di laut lepas.

snorkling di pantai lovina bali

Perjlanan bertemu lumba-lumba akan dimulai pagi-pagi dengan menaiki perahu yang harus disewa. Sebaiknya berangkat pagi sekali agar sobat bisa melihat matahari terbit terlebih dahulu. Baru sekitar pukul 6.00 sobat akan berkesempatan bertemu dan bermain dengan para lumba-lumba. Ratusan jumlahnya, dari yang besra hingga yang kecil. Sobat juga akan perlu menyewa alat untuk snorkeling agar lebih bisa menikmati keindahan bawah laut.

cafe di lovina bali

Menikmati Ketenangan Di Pantai lovina Bali

Pantai lovina bali memang menawarkan suasana yang lebih tenang dan alami dibanding pantai semisal kuta. Namun di kawasan ini banyak juga café yang menyajikan hiburan. Petang menjelang malam biasanya para wisatawan akan menghabiskan waktu di kafe-kafe tersebut.

Jadi, sudah memiliki rencana untuk berwisata ke bali? Jangan lewatkan Tanah Lot dan pantai lovina Bali dalam paket tour wisata sobat.

Facebook Comments

Related For Lovina Bali, Pantai Lumba-Lumba Di Pulau Dewata

Page

Page

Page