Wisatalicious

Website Wisata Paling Nikmat!

Menu

Pendakian Gunung Andong: Camping Ceria dengan Sejuta Pesona

July 23, 2016 | Pendakian

Gunung Andong-Belakangan ini muncul fenomena anak muda yang mulai suka mendaki gunung, mungkin sobat licious salah satunya?. Barangkali salah satu penyebabnya adalah mulai banyak film yang mengusung tema petualangan terutama pendakian gunung, dan itu menginspirasi banyak orang untuk merasakan sendiri keseruan mendaki gunung. Namun untuk melakukan pendakian yang sebenarnya, yaitu pendakian gunung yang cukup tinggi diperlukan pendampingan dari pendaki yang sudah berpengalaman dan peralatan keselamatan yang wajib dipenuhi. Namun sobat jangan berkecil hati dulu. Banyak sekali gunung-gunung di Indonesia dengan banyak variasi ketinggian. Salah satu Gunung yang tidak terlalu tinggi dan sekarang banyak dilirik oleh pedaki-pendaki yang ingin sekedar menikmati alam ataupun camping gemes ialah Gunung Andong yang terletak di Magelang, Jawa Tengah. Ketinggian yanng dimiliki Gunung Andong ialah 1.726 mdpl. Gunung ini terkenal ramah dengan jalur yang tidak terlalu berat namun pemandangan yang disajikan sangat indah, apalagi bila meliat sunrise maupun sunset di puncak Gunung andong ditemani secangkir kopi bersama sahabat. Gunung Andong memang cocok untuk sekedar refreshing, ngadem, bersantai maupun camping ceria.

Gunung andong berada di Girirejo, kecamatan Nglabak, Kabipaten Magelang ini berdampingan dengan gunung Telomoyo dan berada diperbatasan Salatiga, Semarang, dan Magelang. Ada tiga jalur pendakian yang dapat sobat gunakan untuk mencapai puncak gunung andong, diantaranya:

  • Pendakian via Dusun Sawit
  • Pendakian Via Dusun Pendem
  • Pendakian via Dusun Gogik

Namun jalur pendakian yang favorit bagi para pendaki ialah via Dusun Sawit. Untuk memulai pendakian via Dusun Sawit, bisa mengikuti jalur menuju Desa Girirejo. Akses menuju desa ini tidak terlalu silit. Dapat dilalui menggunakan sepeda motor maupun mobil. Jangan pernah malu untuk bertanya kepada penduduk sekitar letak basecamp, karena penduduk sekitar ramah-ramah.

Mendaki gunung andong memang tidak seberat mendaki gunung dengan ketinggian lebih dari 3000 mdpl, namun tetap harus diingat standar pendakian. Walaupun dipuncak Gunung Andong terdapat warung, namun alangkah baiknya kita juga membawa makanan sendiri untuk mengisi tenaga di perjalanan. Adalah kesalahan fatal bila kita meremehkan sebuah pendakian.

Basecamp-Pos 1 Pendakian Gunung Andong

Sampai di basecamp Gunung Andong via Sawit kita dapat beristirahat sejenak untuk mengisi tenaga guna mendaki ke puncak. Saat ini Gunung Andong sudah cukup terkenal dikalangan pendaki senior maupun pemula, jadi jangan heran bila mendapati parkiran penuh, apalagi saat akhir pekan. Di basecamp Sawit terdapat juga tempat penitipan helm dengan membayar sewa hanya 1000 rupiah.

Setelah beristirahat sejenak, selanjutnya kita dapat segera melakukan Pendakian Gunung Andong, namun jangan lupa untuk membayar retribusi terlebih dahulu. Biaya perorangnya ialah 5000 rupiah dan biaya parkir permotor 3000 rupiah. Cukup murah bukan? Dengan membayar retribusi kita juga sudah diberikan peta rute menuju puncak Gunung Andong.

Perjalanan awal dari basecamp menuju pos 1 Gunung Andong kita akan disuguhi hamparan ladang penduduk dengan tanaman khas dataran tinggi. Tidak butuh waktu lama sampai kita tiba di batas ladang warga dengan hutan pinus yang sekaligus menandai dimulainya tanjakan pendakian Gunung Andong. Jalur menuju pos 1 berupa tanah padat menanjak dengan beberapa tangga minimalis yang sudah dibuat. Jalur menuju pos satu akan terus menanjak namun tidak terjal. Sesampainya di pos 1 Gunung Andong kita dapat beristirahat di gubuk Kayu dengan tanah landai dan teduh. Waktu yang digunakan dari pos 1 menuju pos 2 Gunung Andong sekitar 30 menit

Gapura pintu masuk pendakian Gunung Andong

Gapura pintu masuk pendakian Gunung Andong

Pos 1-Pos 2 Pendakian Gunung Andong

Pos 2 Gunung Andong juga berupa tanah datar dengan gubuk kayu yang dapat digunakan untuk beristirahat. Waktu yang digunakan dari pos 1 menuju pos 2 sekitar 30 menit.

Pos 2- Puncak Jiwa Pendakian Gunung Andong

Jalur dari Pos 2 menuju Puncak Jiwa mulai berkelok-kelok dan dengan vegetasi hutan pinus yang mulai terbuka. Ditengah perjalanan dari pos 2 menuju Puncak Jiwa kita akan menemui sumber air yang membasahi trek pendakian. Setelah melalui trek berkelok kita akan sampai ditikungan dimana puncak makam ada dijalur sebelah kiri sedangkan puncak Jiwa adal di jalur sebelah kanan. Puncak Jiwa adalah lokasi camping ground yang cukup luas dan berdekatan dengan warung di puncak Gunung Andong. Kebanyakan pendaki yang ingin mendirikan tenda memilih tempat ini karena tanah yang datar dan cukup luas. Dari pos 2 menuju puncak jiwa sekitar 30 menit.

Mata Air Gunung Andong

Mata Air Gunung Andong

Puncak Gunung Andong dipagi hari

Puncak Gunung Andong dipagi hari

Puncak Jiwa-Puncak Andong

Dari puncak jiwa kita dapat langsung ke puncak Gunung Andong. Jaraknya cukup dekat, kurang dari 10 menit perjalanan.

Pemandangan dari Gunung Andong saat fajar

Pemandangan dari Gunung Andong saat fajar

Puncak Gunung Andong

Puncak Gunung Andong

Plakat Puncak Gunung Andong

Plakat Puncak Gunung Andong

Pendakian ke Gunung Andong akan lebih berkesan bila dilakukan pagi hari maupun sore hari, karena kita dapat sekalian menikmati sunrise maupun sunset. Bisa dibayangkan apabila kita bersama sahabat duduk manis menikmati coklat panas dan matahari terbit sambil bercengkrama. Apalagi dengan view berupa Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Sumbing, Gunung Sindoro, Gunung Telomoyo, Gunung Prau. Menakjubkan! bila anda mencari gunung untuk sekedar refreshing ataupun camping ceria, jangan lupa jatuhkan pilihan anda pada keindahan Gunung Andong.

 

Facebook Comments

Related For Pendakian Gunung Andong: Camping Ceria dengan Sejuta Pesona

Page

Page

Page