Wisatalicious

Website Wisata Paling Nikmat!

Menu

Candi Mendut, Patung Budha, Relief Hewan, Vihara, Dan Pohon Bodhi

July 18, 2016 | Jawa tengah

Candi Mendut merupakan sebuah candi yang terletak dikeat dengan candi Bororbudur. Dari arah Jogjakarta, sobat akan melihat candi ini di sisi kanan jalan. Bila sobat sedang berencana untuk berwisata ke candi Borobudur di magelang awa tengah, tak ada salahnya sobat mampir ke candi mendut ini. Apa yang istimewa dari candi mendut ini? Kali ini wisatalicious akan membahasnya untuk sobat licious semua.

Letak Dan lokasi Candi Mendut

Candi mendut terletak hanya dua kilometer dari candi bororbudur. Candi ini berlokasi di Desa Mendut, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, sekitar 38 km ke arah barat laut dari Yogyakarta. Letaknya yang berada di tepi jalan menuju candi Borobudur membuat candi ini akan mudah ditemukan. Melihat ke area candi ini sobat akan melihat sebuah candi dengan bentuk yang menyerupai persegi. Ukurannya tidak terlalu besar, namun, ada cerita tersndiri di candi mendut ini.

candi mendut

Sejarah candi Mendut

Candi mendut lebih tua dari candi Borobudur. Ya, candi ini dibagun lebih dahulu dari candi Borobudur. Raja yang membangunnya adalah Raja Indra dari Dinasti Syailendra pada tahun 824 M. Belum diketahui pasti mengenai fungsi candi ini dimasa lalu. Namun yang menarik adalah candi mendut ini berada satu garis lurus dengan candi pawon dan candi Borobudur.

Beberapa orang berspekulasi bahwa pada zaman dahulu, candi ini mungkin merupakan semacam gerbang masuk sebelum ke candi Borobudur, jadi, sebelum orang ke candi Borobudur, mereka akan singgah di candi mendut ini. Sampai sekarang pun saat umat budha merayakan waisak, mereka akan mengarak air berkah dan api suci dari candi mendut ini ke candi Borobudur.

Sebagai tambahan banyak orang bertanya apakah ada hubungan antara candi mendut ini dengan cerita roro mendut. jawabannya tidak. kebetulan saja keduanya menyandang nama mendut.

Patung Budha Dan Relief Hewan Di Candi Mendut

Satu hal yang menarik di candi ini adalah keberadaan 3 patung budha di dalam bilik candi. Ketiga patung itu adalah Budha Cakyamuni digambarkan sedang duduk bersila. Tangannya memutar roda dharma. Patung Budha Awalokiteswara digambarkan sedang memegang bunga teratai yang diletakkannya di atas telapak tangan. Patung ketiga adalah patung Budha Maitreya yang dikisahkan sebagai penyelamat manusia di masa mendatang.

Keadaannya yang masih baik, membuat banyak orang budha yang datang ke candi mendut akan menyempatkan diri untuk berdoa di dalam candi. Maka jangan heran bila di dalam bilik candi akan tercium bau wangi.

relief hewan candi mendut

Candi mendut ini juga menyimpan pesan moral yang tertuang dalam relief fable yang ada di sekitar dinding candi. Relief ini menceritakan kisah tentang hewan-hewan yang mengajarkan tetang baik dan buruk. Ceritanya antara lain “Brahmana dan Kepiting,” “Angsa dan Kura-kura,” “Dua Burung Betet yang Berbeda,” dll.

Pohon Bodhi Dan Vihara Di candi Mendut

Satu hal yang akan sobat sukai saat datang ke candi mendut ini adalah keberadaan pohon Bodhi yang menjulang tinggi di sekitar candi. Akar-akarnya menjulur dari batangnya yang tinggi. Ini merupakan satu kesempatan menarik untuk berfoto ala tarzan.

Candi Mendut Dan Pohon Bodhi

Berada di area candi mendut ini akan memberikan rasa nyaman yang tersendiri. Mungkin karena keberadaan pohon-pohon besar di area ini yang membuat suasana dia area candi terasa sejuk.

Di dekat candi mendut ini juga terdapat sebuah vihara budha. Di sana hidup beberapa orang biksu, wisatawan bebas masuk ke area vihara ini, namun harus menjaga kesopanan. Di dalam area vihara ini suasana damai juga terasa. Ada kolam ikan dengan bunga teratai yang menyambut begitu sobat masuk ke halaman vihara. Juga banyak patung di area taman yang bisa sobat gunakan untuk berfoto. Bila beruntung sobat bisa bertemu dengan biksu yang sebenarnya, jadi tidak hanya melihat dari film kungfu china saja.

vihara candi mendut

Wisata candi Mendut

Berwisata di candi mendut ini memberi kesan yang berbeda dengan candi lain. Candi prambanan dan Borobudur memberi kesan kemegahan karena bangunan candi yang tinggi dan besar, namun di candi mendut yang memiliki bangunan lebih kecil ini, suasana yang lebih santai terasa.

Di area parkiran yang berada di bawah dua pohon rindang, juga terdapat banyak penjual makanan. Sungguh nimat rasanya menikmati makan di bawah pohon rindang di candi mendut ini.

Candi mendut memiliki daya Tarik tersendiri untuk dikunjungi. Jadi, bila sobat ke jogja ke arah tempat wisata Dieng atau candi Borobudur, mampirlah ke candi mendut ini.

Facebook Comments

Related For Candi Mendut, Patung Budha, Relief Hewan, Vihara, Dan Pohon Bodhi

Page

Page

Page