Wisatalicious

Website Wisata Paling Nikmat!

Menu

Candi Gedong Songo,Petualangan Di Bukit Ungaran

July 26, 2016 | Jawa tengah

Candi gedong songo merupakan jenis candi hindu yang dibangun di ketinggian. Mengunjungi candi gedong songo ini sobat akan langsung merasakan hawa sejuk khas pegunungan. Lengkap dengan pepohonan yang asri. Namun saat melihat bangunan candi gadong songo yang bersejarah, sobat juga akan langsung merasakan suasana yang khas dan berbeda. Candi gedong songo menawarkan keindahan alam dan sejarah yang luar biasa. Dtambah lagi, perjalanan untuk mencapai semua itu yang cukup menantang. Singkat kata, candi gedong songo menawarkan sebuah paket wisata yang nikmat. Wisatalicious.com akan membahas tentang candi gedong songo.

Candi gedong songo  terletak di bukit pegunungan Ungaran, terletak pada ketinggian sekitar 1.200 DPL dengan suhu sekitar 19 – 27 °C. Dari Jogja sekitar 2 jam perjalanan. Dari semarang, sekitar satu jam.

Sejarah candi ini masih menjadi misteri namun ditemukan banyak kemiripan dengan candi di dieng.

Legenda Anoman Di candi Gedong Songo

Candi gedong songo terletak di bukit ungaran. Pada masa kejayaan hindu, tempat dengan gunung atau bukit tinggi dianggap sebagai tempat skral temtap tinggal pasa dewa. Dan seringkali, tempat itu dihubungkan dengan cerita pewayangan. Salah satunya ya bukit ungaran ini. Bukit ungaran tempat candi gedong songo berdiri ini dikaitkan dengan sebuah gunung yang digunakan sang dewa kera anoman untuk mengalahkan dasamuka dalam cerita Ramayana.

Patung anoman juga terdapat di salah satu candi di komplek candi gedong songo ini. Namun ada mitos yang mengatakan bahwa kalau pasangan berfoto atau menyentuh patung anoman tersebut maka akan putus.

Wah, bisa dijadiin alas an mutusin pacar buat cari yang baru nih…. Hahaha. Janganlah sob. Bagi tempat ini meskipun sudah berubah fungsi lebih menjadi sebuah temta wisata namun masih memiliki nilai religious bagi sebagian orang. Banyak orang yang masih dating dan member sesaji ke candi gedong songo ini. Marilah kita saling menghormati. Jika sobat berkunjung ke candi ini, berlakulah yang sopan.

Keindahan Alam Di candi gedong Songo

Candi gedong songo menawarkan keindahan alam yang menyejukan hati. Berkunjung ke candi ini bisa menjadi refresing yang asik. Lebih menarik lagi adalah letak candi yang berjauhan. Masing-masing candi dinamai candi gedong songo satu sampai Sembilan. Meskipun kini candi yang masih tersisa tinggal 7 komplek. Dan yang biasa dikunjungi ada 5 candi.

Candi Gedong Songo

Perjalanan dari satu candi ke candi lain menjadi pengalaman yang nikmat namun menatang. Jalan setapak di perbukitan dengan uadara segar jelas menyenangkan dan menjadi pengganti udara sehari-hari yang penuh polusi. Namun jauhnya perjalanan bisa menjadi tantangan tersendiri bagi mereka yang tidak kuat berjalan kaki.

Sobat kuat ga nih, wisata ke tempat ini? Jangan cemen.

Sebenarnya ada juga fasilitas naik kuda di candi gedong songo ini. Namun jalur yang dilalui saat naik kuda berbda dengan berjalan kaki. Bila berjalan kaki sobat akan melintasi candi satu persatu.

Di samping itu, di tengah perjalanan antara candi 3 dan 4 terdapat sumber air panas yang bisa dikunjungi. Lumayan nih buat bikin kulit makin mulus. Sember air panas ini dipercaya bagus  untuk kulit.

Berikut rincian komplek di candi gedong songo.

Candi gedong 1 berbentuk persegi panjang dengan ketinggian sekitar 4 hingga 5 meter. Candi ini berdiri diatas sebuah batur atau kaki candi setinggi 1 meter yang dihiasi dengan pahatan relief sulur dan pahatan bunga atau padma disekelilingnya. Bagian dalam candi berupa sebuah ruangan sempit.

Candi gedong II berdiri diatas sebuah batur yang berbentuk bujur sangkar dengan luas 2,2 m persegi dan tinggi 1 meter. Pada bagian atas batur memebentuk selasar dengan lebar setengah meter yang mengelilingi candi. Pada badan candi dibagian sisi luar di ketiga dindingnya terdapat ceruk kecil sebagai tempat untuk meletakan arca. Ceruk ini dihiasai dengan dua kalamakara. Pada bagian atas candi hanya terlihat reruntuhannya saja. Dibagian depan candi terdapat sebuah reruntuhan bangunan candi kecil yang dikenal dengan nama candi perwara atau candi penjaga.

Candi gedong songo tiga merupakan sebuah kelompok candi yang terdiri dari 3 buah candi besar. 2 buah candi besar menghadap ke timur dan terlihat seperti candi kembar . Disamping pintu masuk 2 candi ini arca Siwa denagn posisi berdiri dengan gada panjang di tangan kanannya. Sedangkan sebuah candi yang lainnya menghadap ke arah barat dengan ukuran yang lebih kecil. Candi kecil ini diperkirakan berfungsi sebagai tempat penyimpanan. Pada dinding candi utama terdapat relung yang berisi arca Ganesha dan Durga bertangan 8.

Candi gedong songo IV terdiri dari sebuah candi utama dan beberapa reruntuhan candi di sekitarnya yang kemungkinan merupakan candi perwara. Di bagian dinding sebelah luar terdapat bilik penampil dengan relung yang berisi arca yang sudah rusak.

Candi gedong  Songo V memiliki  sebuah candi utama dan sejumlah reruntuhan candi di. Pada dinding luar candi terdapat relung yang berisi arca Ganesha denga posisi duduk bersila.

Menikmati Sate Kelinci Di candi gedong Songo

Perjalanan ke candi gedong songo belum lengkap tanpa mencicipi sate kelinci dan tahu serasi khas ungaran. Dua makanan tersebut merupakan menu wajib bagi wisatawan. Dinginya suasana pegunungan menjadi penambah nikmat sate kelinci yang dimakan. Ngomong-ngomong soal sate kelinci jadi ingat tawangmangu, disana sate kelinci juga jadi makanan khas.

Tips Berwisata Di candi Gedong Songo

Siapkan uang Rp. 6000 untuk tiket masuk. 25 ribu jika sobat orang bule. Untuk naik kuda harga beragam, sekitar 50 ribuan lah.

Candi Gedong Songo-kuda

Bawa air minum air putih supaya sobat bisa minum sepanjang perjalanan.

Dan yang terpenting, jaga kesopanan. Tempat ini masih dianggap sakral. Pernah ada yang kesurupan karena kencing sembarangan.

Akhrir kata. Selamt berwisata, berkunjunglah ke Tamansari Jogjakarta juga. Sekian,semoga perjalanan sobat ke candi gedong songo meyenangkan.

Facebook Comments

Related For Candi Gedong Songo,Petualangan Di Bukit Ungaran

Page

Page

Page