Wisatalicious

Website Wisata Paling Nikmat!

Menu

9 Oleh-Oleh Khas Jogja Wajib Bawa Pulang

March 27, 2018 | Jogja

Oleh-oleh khas jogja apa yang sobat licious siapkan untuk teman dan keluarga yang sedang menunggu di rumah saat sobat berencana berkunjung ke jogja besok? Oleh-oleh itu salah satu bagian dari wisata yang ga boleh ketinggalan sob. Jalanan kota Yogyakarta memang menarik dan penuh kenangan, dan juga toko souvenir dan oleh-oleh khas jogja. Kunjungi berbagai tempat wisata di Yogyakarta untuk memuaskan hasrat wisata sobat. nikmati juga suasana di Pasty Jogja, Wisata pasar Satwa di jogja. Juga berbagai warung dan restoran untuk memanjakan lidah dan perut dengan masakan tradisional Yogyakarta yang sangat lezat. Dan jika waktunya pulang sobat pasti tidak ingin kenangan di Yogyakarta hilang tanpa bekas. Salah satu hal yang bisa sobat bawa pulang untuk menceritakan dan beragi waktu dan kenangan di Yogyakarta adalah souvenir khas kota pelajar dan budaya ini.

Oleh-Oleh Khas Jogja Untuk Teman Dan Keluarga

Berikut ini 10 suvenir oleh-oleh khas Yogyakarta, yang Wajib sobat bawa pulang:

Oleh-Oleh Khas Jogja-bakpia

1. Bakpia

bakpia oleh-oleh khas jogja memang enak dan terkenal sob. Sampai ada jalannya segala. Di sepanjang jalan ini, ada banyak penjual bakpia dengan beragam rasa. konon, merk bakpia di jogja berasal dari nomor rumah di sepanjang jalan ini. Bakpia sebenarnya merupakan kue dari Cina bernama Tou Luk Pia yang berarti kue pia kacang hijau. Produksi bakpia diawali di kampung Pathuk Yogyakarta sekitar tahun 1948. Hingga terkenal dengan produksinya yakni Bakpia Pathuk.

 

Bakpia adalah kue yang terbuat dari tepung isi kacang hijau dan dimasak dengan dipanggang. Ada banyak macam, sobat bisa membeli rasa durian, coklat, keju, black kumbu dan berbagai rasa lainnya. Semua dijamin enak. Bakpia sendiri dapat diliputi kawasan jalan Malioboro, Beringharjo dan berbagai pusat oleh-oleh yang tersebar di Yogyakarta. namun buat lebih khas sih langsung ke jalan patuk yang menjadi pusatnya toko bakpia di jogja.

Oleh-Oleh Khas Jogja-cokelat monggo

2. Coklat Monggo

Jogja selain kota budaya, juga memiliki sentuhan manis cokelat yang nikmat ala cokelat Belgia. Cokelat monggo namanya. Tak perlu jauh-jauh ke Belgia untuk dapat merasakan sensasi nikmat coklat ini. Cokelat asli dari Yogyakarta bercita rasa eropa ini merupakan hasil racikan Thiery Detournay, pria asli belgia yang berkeinginan membuat cokelat asli jogja dengan bahan kualitas tinggi layaknya dari Belgia, dan terciptalah cokelat monggo, sebagai satu oleh-oleh khas jogja. Cokelat Monggo dibuat dengan menggunakan cokelat asli Indonesia.

Monggo merupakan bahasa Jawa yang memiliki arti ‘silahkan’. Seolah menawarkan kepada wisatawan sensai manis dan keramahan khas jogja. Sehingga tentunya cokelat Monggo sangat cocok sebagai oleh-oleh khas jogja karena dibuat dari premium dark chocolate hingga 69% kakao. Kualitas dan rasanya sempurna.

Terlebih kemasan cokelat ini yang khas membuktikan sobat benar-benar sudah datang ke jogja. Pabrik pembuatan cokelat Monggo berada di daerah Kotagede. Disana cokelat Monggo juga memiliki showroom di Jalan Dalem KG III/978, Purbayan Kotagede, Yogyakarta.

3. Salak pondoh

Salak Pondoh memiliki daging tebal dan terasa manis segar. Setelah mencicipi, sobat akan ingin menambahkan lebih banyak. Salah pondoh adalah oleh-oleh khas jogja wajib untuk dibawa pulang.

Pusat salah pondoh tepatnya ada di agrowisata pondoh di Kampung Gandung, Bangunkerto, Sleman. Area seluas 27 hektar memiliki kebun salak yang dilengkapi dengan taman bermain anak-anak, kolam renang, dan kolam pemancingan. Tempatnya berada di dekat gunung merapi. Bisa sekalian berwisata ke area gunung merapi nih.

Selain bisa membeli salak di kawasan agrowisata, sobat bisa dengan mudah menemukan pondoh di warung buah di sepanjang jalan-jalan kota.

Relatif murah dan sekilonya dapat lumayan banyak. Cocok nih untuk dibawa pulang.

4. Gudeg

Gudeg jogja ada dua macam, yaitu basah dan kering. Jika sobat ingin membawa pulang oleh-oleh yang satu ini tentu sobat harus membeli gudeg kering. Gudeg kering bisa bertahan hingga 3 hari.
Beberapa penjual gudeg paling kondang ya gudeg Yu Djum, Gudeg Wijilan Bu Lies, Gudeg Kaleng Mbak Yayah dan Gudeg Bu Tjitro 1925. Di sini sobat bisa makan tempat hangat atau memesan untuk dibawa pulang. Ada juga gudeg kaleng yang tahan lebih lama lagi.

Gudheg merupakan makanan khas Yogyakarta yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan. Agar dapat berwarna cokelat, gudeg harus dimasak dengan daun jati dalam waktu yang cukup lama. Gudep biasa disajikan dengan kuah santan (Areh), ayam kampung, telur, tahu dan sambal goreng krecek. Wah, baca aja jadi lapar kan sob. ngiler nih.

9 Oleh-Oleh Khas Jogja Terbaik

5. Blankon Khas jogja

Blankon khas jogja sob, soalnya liburan ke jogja. Jangan sampai salah beli blankon yang khas solo. Bedanya blankon khas jogja ada lingkaran di bagian belakang. blangkon khas jogja selain bisa buat oleh-oleh bisa juga dijadiin aksesoris selfie di sepanjang perjalanan wisata di jogja. pasti tampil gaya abis.

Di pasar beringharjo, dan malioboro, sobat bisa membeli belangkon dengan beragam kualitas dari yang murah sampai yang mahal.

6. Gantungan Kunci

Gantungan Kunci cocok dijadiin oleh-oleh karena bentuknya yang kecil, mudah dibawa, dan bisa beli banyak jadinya. Sobat bisa memilih beragam tema, mulai dari wayang, sampai candi prambanan.

7. Batik

Batik tidak bisa dihilangkan dari Yogyakarta. Batik juga selalu termasuk dalam daftar souvenir yang harus dibeli oleh wisatawan yang datang ke kota ini. Batik tidak hanya dalam bentuk kain dan garmen. Kreativitas seniman Yogyakarta membuat batik dapat diaplikasikan dalam berbagai bentuk, yaitu tas, selendang dan sandal.

Tempat yang mudah dan dapat dikunjungi untuk berburu batik ada di area Jalan Malioboro dan Beringharjo. Batik sudah ga berkesan kuno sob, beragam batik jaman now ada di jogja.

8. Kerajinan Perak

Kerajinan perak

Perak menjadi semacam suvenir khas Jogja lainnya yang harus untuk dibeli. Untuk mendapatkan perak, silakan datang ke Kotagede, 5 km dari pusat kota, yang dikenal sebagai pusat pembuatan perak sejak zaman kerajaan Mataram. Sisa-sisa keagungan kerajaan dulu terbentuk dalam seni pembuatan perak nan indah yang tak hanya diburu wisatawan lokal namun juga mancanegara.

Di kota gede, sobat dapat mengunjungi pembuatan perak secara langsung. Bentuk-bentuk perak di sini sangat beragam mulai dari perhiasan hingga hiasan dinding / meja. Kualitas tidak diragukan lagi. Perak kota gede telah banyak dikirim ke luar negeri sejak zaman Belanda.

9. Kaos Dagadu

Satu lagi yang harus kamu bawa pulang dari Yogyakarta adalah kaos Dagadu. T-shirt ini identik dengan parodi lucu Yogyakarta yang dijamin membuat sobat tertawa.
Dagadu sendiri berasal dari bahasa gaulnya orang jogja, yang berarti ‘mata’. Hal ini semakin jelas dalam bentuk logo T-shirt mata.
Ada banyak outlet dagadu di jogja, beli di sana untuk mendapat barang yang asli. pegawainya ramah, tiap beli pasti dilayani asal sobat jangan pengen beli gudeg di sini aja, mereka g jual gudeg.

Oleh-Oleh Khas Jogja Wajib Bawa Pulang

Semoga perjalanan sobat ke jogja menyenangkan. Kunjungi juga Telaga Sarangan Magetan, Keindahan Di Kaki Gunung Lawu. Itulah ulasan mengenai beberapa oleh-oleh khas jogja yang wajib beli saat berkunjung ke Yogyakarta.

Facebook Comments
tags:

Related For 9 Oleh-Oleh Khas Jogja Wajib Bawa Pulang

Page

Page

Page